Peningkatan hasil belajar pengukuran waktu melalui model contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas II SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Riona Mei Wanita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar pengukuran waktu melalui model contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas II SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Riona Mei Wanita Sari

Riona Mei Wanita (2010) Peningkatan hasil belajar pengukuran waktu melalui model contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas II SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Riona Mei Wanita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar pengukuran waktu CTL Ditemukan fakta bahwa siswa kelas II SDN Tanggung 2 Kota Blitar banyak yang mengalami kesulitan ketika belajar tentang materi pengukuran waktu terutama dalam membaca dan menentukan waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam. Berdasarkan hasil ulangan harian menunjukkan bahwa tidak seorang siswapun (0%) yang menguasai materi secara tuntas yaitu dengan nilai 100 siswa agak menguasai materi yaitu dengan nilai antara 75 sampai dengan 90 sebanyak 21 74% dan sebagian besar (78 26%) siswa kurang menguasai. Hal ini terlihat dari nilai mereka yang di bawah Peniaian Acuan Patokan (PAP) yaitu 75. Rendahnya penguasaan siswa dalam penggunaan alat ukur waktu dengan satuan jam atau dalam memahami konsep pengukuran waktu tersebut diduga karena guru kurang tepat dalam pemilihan cara dalam membelajarkan siswa serta belum mempergunakan media dalam pembelajaran. Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa maka dilakukan sebuah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pengukuran waktu melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media jam pada siswa kelas II SDN Tanggung 2 Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan di SDN SDN Tanggung 2 Kota Blitar tanggal 11 Oktober sampai 22 Nopember 2010. rancangan penelitian yang digunakan adalah melalui tahap siklus. Di mana dalam satu siklus tersebut terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tahap siklus terlebih dahulu dilakukan pra tindakan sebagai awal identifikasi masalah. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas II dalam pembelajaran pengukuran waktu melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media jam. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I yaitu pada persentase ketuntasan individu dari 60 13% menjadi 82 78% pada siklus I dan 93 33% pada siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 9 78% dari pra tindakan ke siklus I dan 10 15% dari siklus I ke siklus II. Pada persentase ketuntasan klasikal juga terjadi peningkatan. Ketuntasan klasikal pada pra tindakan sebesar 21 74% meningkat pada siklus I menjadi 73 91% dan pada siklus II menjadi 95 56%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal ini sebesar 52 17 % dari pra tindakan ke siklus I dan 21 65% dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan tersebut di atas sudah memenuhi bahkan melebihi PAP yaitu 75 % untuk ketuntasan individu dan 80 % untuk ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu bagi peneliti lain agar menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran di sekolah dasar bagi para guru hendaknya menentukan model pembelajaran dan media yang tepat dan menyusun RPP pada setiap pembelajaran bagi sekolah untuk lebih bekerja keras dalam meningkatkan mutu pendidikan secara kreatif dan inovatif bagi pemerintah untuk memberikan motivasi dan sarana prasarana yang mendukung pada sekolah sebagai penyemangat untuk menghasilkan out put (siswa) yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105874

Actions (login required)

View Item View Item