Peningkatan hasil belajar PKn melalui pengalaman (experiential learning) bagi siswa kelas II di SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Purwaning - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar PKn melalui pengalaman (experiential learning) bagi siswa kelas II di SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Purwaning

UNSPECIFIED (2010) Peningkatan hasil belajar PKn melalui pengalaman (experiential learning) bagi siswa kelas II di SDN Tanggung 2 Kota Blitar / Purwaning. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar PKn ExperientialLearning Experiential Learning merupakan model pembelajaran PKn yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sikap cinta lingkungan. Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa maka dilakukan pembelajaran melalui pengalaman (Experiential Learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn melalui pengalaman tentang sikap cinta lingkungan siswa kelas II. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan para guru dalam membantu kegiatan pembelajaran PKn di sekolah khususnya pada materi pokok cinta lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanggung 2 Kota Blitar tanggal 8 Oktober 2010 sampai 25 November 2010. Rancangan penelitian yaitu dilakukan melalui penelitian tindakan Kelas. Dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sebelum dilakukan tahap siklus terlebih dahulu dilakukan penelitian pendahuluan yaitu pra tindakan sebagai awal identifikasi masalah. Analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas II dalam pembelajaran PKn melalui pengalaman tentang cinta lingkungan. Peningkatan hasil belajar terjadi baik secara individu maupun klasikal. Peningkatan rata-rata hasil belajar secara individu pada siklus I 73 34% menjadi 93 33% pada siklus II. Sedangkan secara klasikal peningkatan rata-rata hasil belajar 47 83% menjadi 96% pada siklus II. Sehingga ada 12 siswa yang tidak tuntas pada siklus I dan satu siswa yang tidak tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan penelitian lebih lanjut dengan judul lainnya. Siswa dihadapkan pada berbagai kegiatan yang dapat memicu kreatifitas siswa dan menumbuhkan pengalaman baru bagi siswa di dalam pembelajaran. Siswa dibimbing dan diarahkan untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif dalam pembelajaran guru sebagai fasilitator bertugas membimbing dan mengarahkan siswa selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105872

Actions (login required)

View Item View Item