Penerapan think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Segaran 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Luluk Umiatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Segaran 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Luluk Umiatin

Luluk (2010) Penerapan think pair share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Segaran 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang / Luluk Umiatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Aktivitas Hasil Belajar Think Pair Share IPS SD Keberhasilan proses pembelajaran di kelas salah satunya ditentukan oleh cara guru menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran digunakan harus sesuai dengan kebutuhan siswa karena setiap model pembelajaran mempunyai tujuan prinsip dan penekanan yang berbeda. Namun dalam kenyataannya guru tidak pernah menggunakan model pembelajaran yang bervariasi akibatnya aktivitas siswa pasif dan hasil belajarnya rendah. Bahkan guru hanya menggunakan satu metode pembelajaran saja dalam setiap mengajar yaitu ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Segaran 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang melalui model pembelajaran Think Pair Share. Dalam model ini Siswa akan berpikir (Think) secara individu kemudian siswa secara berpasangan (Pair) saling tukar pendapat untuk melengkapi penemuannya. Selanjutnya tahap berbagi dalam kelompok besar yang dilakukan dengan kelompok besar di kelas (Share). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Segaran 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang dengan jumlah 25 siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pengembangan Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan test. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan pedoman wawancara lembar observasi dan soal test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS materi keanekaragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hasil Pre test siswa rata-rata adalah 48 2 atau 48 2% siklus I mengalami peningkatan yaitu menjadi 69 8 atau 69 8% dan siklus II terus mengalami peningkatan menjadi 81 8 atau 81 8%. Hasil belajar siswa dikatakan naik 12% persiklus. Sedangkan untuk aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan dari 11 56 menjadi 12 88 di siklus II. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share berhasil diterapkan pada siswa kelas V SDN Segaran 03 Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Disarankan bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam penelitian selanjutya sehingga hasilnya dapat dijadikan pedoman dan pengembangan profesi dan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105871

Actions (login required)

View Item View Item