Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui media kartu kata pada siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang / Lilik Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui media kartu kata pada siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang / Lilik Hidayati

Lilik (2010) Peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana melalui media kartu kata pada siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang / Lilik Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Media Kartu Kata Sesuai dengan kompetensi dasar menulis dan kompetensi dasar kalimat siswa kelas II SD diharapkan sudah mampu membuat kalimat dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan. Siswa diharapkan mampu mengungkapkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk kalimat sederhana. Namun di SDI Daarul Fikri Dau Malang siswa kelas II seringkali mengalami kesulitan dalam membuat kalimat terutama dalam bentuk tulisan. Jika diminta menulis kalimat siswa kesulitan untuk menuangkan gagasan dalam pikirannya menjadi sebuah kalimat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang dan (2) apakah penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara dokumentasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengamati gejala-gejala yang tampak dalam proses pembelajaran tentang keaktifan siswa keberanian siswa dan kerjasama siswa dalam proses pembelajaran. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui kesan-kesan dan perasaan siswa ketika belajar menulis kalimat sederhana menggunakan media kartu kata. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan data tentang proses pembelajaran yang menggambarkan langkah-langkah kongkrit yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan siswa mengerjakan soal evaluasi yang berhubungan dengan menulis kalimat sederhana. Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas II SDI Daarul Fikri Dau Malang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II yaitu peningkatan aktifitas belajar siswa sebesar 15 17 (9 75 %) dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8 77 (5 56 %). Disarankan pada guru kelas II agar lebih meningkatkan kreatifitasnya dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis kalimat sederhana. Misalnya dengan memanfaatkan media kartu kata karena media kartu kata terbukti dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam menulis kalimat sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105870

Actions (login required)

View Item View Item