Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 04 Malang / Yayuk Supatmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 04 Malang / Yayuk Supatmi

Yayuk (2010) Penerapan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Karangbesuki 04 Malang / Yayuk Supatmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model Learning Cycle IPS SD hasil belajar Pembelajaran IPS dengan metode ceramah menjadikan pembelajaran berkesan verbalisme dan monoton. Karena kegiatan siswa hanya melihat mendengar dan mencatat karena itu rata-rata nilai yang dicapai siswa masih dibawah kriteria yang ditetapkan disekolah yaitu 63 maka dalam penelitian ini mencoba menggunakan model pembelajaran Learning Cycle untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan model pembelajaran Learning Cycle dalam pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar tentang materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi dan siswa memiliki ketrampilan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kurikulum 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Learning Cycle materi sumber daya alam kelas IV semester I (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Karangbesuki 04 Malang. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Karangbesuki 04 Malang yang berjumlah 32 anak. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi pedoman wawancara lembar test dan dokumentasi. Untuk test yang diberikan pada siswa sebelumnya dilakukan pre test dengan rata-rata 37 68. Nilai ini masih jauh di bawah standar minimal ketuntasan kelas yang ditentukan oleh sekolah yaitu 63. Dari penelitian ini dapat dikemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Learning Cycle menjadi efektif karena siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Kemampuan guru mengajar sudah sesuai dengan RPP ini dilihat dari nilai akhir yang diperoleh dari siklus I dan II yaitu 93 23%. Kemampuan siswa terhadap pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Learning Cycle dari siklus I dan II menunjukkan hasil rata-rata yaitu 63 61 dan 74 83.Untuk ketuntasan kelas secara keseluruhan pada kemampuan siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle dari siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu 56 25% menjadi 100%. Penerapan model pembelajaran Learning Cycle dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Karangbesuki 04 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang menunjukkan skor rata-rata kemampuan tes siswa meningkat dari siklus I 61 90 menjadi 73 25 pada siklus II. Peningkatan skor tes siswa dari siklus I ke siklus II dengan prosentase ketuntasan sebesar 8 3%. Sedangkan hasil proses individu siswa pada siklus I 65 31 telah mengalami peningkatan menjadi 74 83. Berdasarkan hasil olahan peneliti skor rata-rata akhir siswa meningkat dari siklus I sebesar 63 61 menjadi 74 83 pada siklus I. Terjadi peningkatan skor sebesar 11 22 dengan prosentase peningkatan sebesar 8 1%. Peneliti menyarankan agar guru menerapkan model pembelajaran ini karena sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105867

Actions (login required)

View Item View Item