Penerapan pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Mergosono 4 Kota Malang / Ririn Andriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Mergosono 4 Kota Malang / Ririn Andriyani

Ririn (2010) Penerapan pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Mergosono 4 Kota Malang / Ririn Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Sains Teknologi Masyarakat Pembelajaran IPA Hasil Belajar Proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menuntut guru mampu menyediakan dan mengelola pembelajaran IPA dengan metode dan teknik yang memungkinkan siswa dapat mengalami seluruh tahapan pembelajaran yang bermuatan sains teknologi dan masyarakat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dengan guru kelas 3 di SDN Mergosono 4 Kota Malang tentang pembelajaran IPA diketahui beberapa permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran di kelas diantaranya (1) Metode mengajar yang digunakan oleh guru masih didominasi metode ceramah (2) Aktivitas belajar siswa rendah yang ditandai oleh siswa kurang aktif dalam mencari atau menemukan pengetahuannya sendiri (3) Hasil belajar IPA siswa kelas 3 masih rendah. Standart ketuntasan minimal untuk kelas 3 pada materi pokok lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat adalah 70. Namun 19 siswa (59%) yang mendapat nilai kurang dari 70 dan 13 siswa (41%) yang mendapat nilai 70 ke atas. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) menjadi salah satu alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Mergosono 4 Kota Malang (2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam Proses Pembelajaran IPA dengan penerapan pembelajaran sains teknolosi masyarakat (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Mergosono 4 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa kelas 3 SDN Mergosono 4 Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran STM menunjukkan bahwa hasil belajar secara klasikal meningkat dari rata-rata 60 meningkat menjadi 72 pada tindakan siklus I dan meningkat menjadi 79 pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN Mergosono 4 Kota Malang materi pokok lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Saran yang diberikan peneliti dalam penerapan STM yaitu pembatasan materi sebaiknya lebih jelas pemilihan materi yang sesuai dengan karakter STM teknologi sederhana layak dikembangkan dikelas rendah dan pengorganisiran waktu hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga penerapan STM dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105865

Actions (login required)

View Item View Item