Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV MI Hubbul Wathon Pandaan Pasuruan / Ahmad Subhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV MI Hubbul Wathon Pandaan Pasuruan / Ahmad Subhan

Ahmad (2010) Penerapan metode simulasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV MI Hubbul Wathon Pandaan Pasuruan / Ahmad Subhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Simulasi Aktivitas Belajar Pkn SD Pembelajaran PKn di kelas IV MI Hubbul Wathon menunjukkan bahwa siswa kelas IV mengalami penurunan aktivitas belajar pada materi sistem pemerintahan desa dan kecamatan. Hal ini ditandai dengan hasil observasi (refleksi awal) dari 24 siswa sekitar 70% siswa (16 orang) kurang memperhatikan pelajaran kurang mampu mengungkapkan pendapat kurang dalam keinginan bertanya tidak mampu menjawab pertanyaan guru kegiatan kerjasama kelompok kurang dan penyelesaian tugas yang tidak tepat waktu. Dari hasil observasi tersebut maka akan ditindak lanjuti dengan penerapan metode simulasi dalam pembelajaran PKn di kelas IV MI Hubbul Wathon. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode simulasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV di MI Hubbul Wathon mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode simulasi pada mata pelajaran PKn kelas IV di MI Hubbul Wathon. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada pelaksanaan siklus terdiri dari planning acting observing dan reflecting. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di MI Hubbul Wathon yang terdiri dari 24 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan simulasi dapat dilaksanakan dalam pembelajaran PKn dengan megikuti tahap-tahap yang telah ditulis dalam beberapa sumber buku yang dirujuk peneliti 2) dengan menerapkan metode simulasi pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil analisis rata-rata aktivitas belajar siswa secara keseluruhan terjadi peningkatan yaitu pada refleksi awal rata-rata aktivitas belajar siswa 45 2. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 63 6 Pada siklus 2 rata-rata aktivitas belajar siswa 74 3. Hasil tersebut menunjukkan siswa telah mencapai nilai diatas SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70. Baberapa saran bagi peneliti lain atau guru antara lain 1) metode simulasi mempunyai beberapa kelebihan selain dapat meningkatkan aktivitas belajar dapat juga meningkatkan motivasi sikap dan juga keterampilan psikomotorik siswa 2) kelemahan metode simulasi yang harus diperhatikan yaitu metode simulasi bisa membutuhkan waktu yang lama jika guru tidak pandai mengatur waktu serta menuntut siswa pandai bermain peran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105863

Actions (login required)

View Item View Item