Pemanfaatan media maket untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam memahami denah di kelas IV MI Miftahul Huda Dukuhsari Sukorejo Pasuruan / Nur Cholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media maket untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam memahami denah di kelas IV MI Miftahul Huda Dukuhsari Sukorejo Pasuruan / Nur Cholifah

Nur (2010) Pemanfaatan media maket untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam memahami denah di kelas IV MI Miftahul Huda Dukuhsari Sukorejo Pasuruan / Nur Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Maket Berbicara Hasil Belajar. Berdasarkan observasi awal pada tanggal 19 Juli 2010 yang dilakukan peneliti saat pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MI Miftahul Huda ditemukan fakta yaitu saat pembelajaran guru menggunakan metode ceramah. Dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media guru dan siswa hanya menggunakan buku paket bahasa Indonesia. Pada evaluasi akhir dihasilkan skor rata-rata 6 5. Dari 17 siswa hanya 7 siswa yang mencapai nilai di atas SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70 00 dan 10 siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas. Menyikapi permasalahan tersebut berbagai cara dapat dilakukan diantaranya berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran yang seharusnya diterapkan yaitu sebuah media pembelajaran yang menarik efektif mengikutsertakan keaktifan siswa penggunaan media maket ini diharapkan dapat menjadi solusi pemecahan masalah yang dihadapi oleh siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di MI Miftahul Huda Sukorejo Pasuruan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media maket guna meningkatkan kemampuan berbicara siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus yang mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di MI Miftahul Huda yang terdiri dari 17 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan instrument pedoman observasi pedoman wawancara dokumen dan soal-soal tes Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh guru (peneliti) maka Penggunaan media maket pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MI Miftahul Huda sudah sesuai dengan langkah-langkah pemanfaatan media. Penggunaan media maket pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MI Miftahul Huda sudah dapat dikatakan berhasil dengan adanya peningkatan kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dari hasil analisis rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan terjadi peningkatan yaitu pada refleksi awal rata-rata hasil belajar siswa 65 50. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 69 26 Pada siklus 2 rata-rata hasil belajar siswa 73 97. Hasil tersebut menunjukkan siswa telah mencapai nilai di atas SKM (Standar Ketuntasan Minimal) yaitu 70 00. Dalam penelitian ini disarankan kepada 1) guru untuk menggunakan media maket dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia pada materi petunjuk denah suatu tempat atau lokasi menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi yang dapat difungsikan sebagai rujukan pengembangan pembelajaran. 2) kepala sekolah untuk memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai pengayaan pengembangan profesi guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. 3) peneliti lanjutan agar hasil penelitian ini dijadikan rujukan dan perbaikan untuk penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105859

Actions (login required)

View Item View Item