Penerapan model role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 3 Kecamatan Blimbing kota Malang / Adellia Shinta Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 3 Kecamatan Blimbing kota Malang / Adellia Shinta Dewi

Adellia Shinta (2010) Penerapan model role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 3 Kecamatan Blimbing kota Malang / Adellia Shinta Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Role Playing Aktivitas Hasil Belajar IPS SD. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Purwodadi 3 diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di kelas IV. Permasalahan tersebut antara lain (1) terjadi kebosanan pada siswa saat pembelajaran berlangsung hal tersebut menandakan lemahnya aktivitas belajar siswa (2) rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran (3) iklim pembelajaran masih bersifat teacher centered. Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan lebih banyak ceramah. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah model Role Playing yaitu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Role Playing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Purwodadi 3 (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model Role Playing (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Role Playing. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Adapun rancangan PTK yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Purwodadi 3 Kota Malang dengan jumlah siswa 29 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing pada Pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 3. Hal ini dilihat dari perolehan observasi tentang aktivitas siswa serta rata-rata postes yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus II yang paling tampak yaitu sebagian besar siswa sudah berani bertanya/menjawab serta melaporkan hasil diskusi. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (63 55) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (74 48) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (55 17%) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar (83 21) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (82 76%). Berdasarkan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Role Playing pada Pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Purwodadi 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin. Sehingga dari penelitian ini disarankan agar para guru memilih dan menerapkan model pembelajaran yang lebih inovatif menarik dan komunikatif agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105852

Actions (login required)

View Item View Item