Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di SDN Turi 01 kota Blitar / Kusrini Hidayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di SDN Turi 01 kota Blitar / Kusrini Hidayah

Kusrini (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas V di SDN Turi 01 kota Blitar / Kusrini Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) Siswa Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi di SDN Turi 01 Kota Blitar peneliti menemukan beberapa hal yaitu SDN Turi 01 Kota Blitar memilki karakteristik siswa dengan kemampuan kognitif menengah ke bawah. Pembelajaran di SDN Turi 01 Kota Blitar secara konvensional dimana guru mengajar dengan ceramah serta pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Penerapan pembelajaran secara ceramah menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dengan dua siklus. Subjek dal am penelitian ini adalah siswa SDN Turi 01 Kota Blitar Kelas V dengan jumlah siswa perempuan 12 dan siswa laki-laki 8 0rang.instrumen dalam penelitian berupa tes akhir untuk mengetahui hasil belajar dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS yaitu pra siklus 61% siklus I menjadi 69.5% naik 8.5% siklus II naik 83% dari jumlah siswa 20 orang. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari 20 siswa dapat tuntas 18 siswa sedangkan yang 2 siswa tidak tuntas karena memiliki kemampuan kognitif yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105851

Actions (login required)

View Item View Item