Peningkatan kemampuan mendeskripsikan benda secara tertulis melalui media gambar siswa kelas II MI Miftahul Huda 1 Manaruwi Bangil / Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan mendeskripsikan benda secara tertulis melalui media gambar siswa kelas II MI Miftahul Huda 1 Manaruwi Bangil / Istiqomah

UNSPECIFIED (2010) Peningkatan kemampuan mendeskripsikan benda secara tertulis melalui media gambar siswa kelas II MI Miftahul Huda 1 Manaruwi Bangil / Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Mendeskripsikan benda tertulis media gambar. Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Pembelajaran diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisa. Tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan benda dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas II MI Miftahul Huda. (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan benda secara tertulis dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Miftahul Huda 1. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus memerlukan waktu 4 x 30 menit.Tehnik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi Wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mendeskripsikan secara tertulis melalui pemanfaatan media gambar dengan peningkatan 9% pada siklus I dibandingkan dengan nilai pratindakan dan peningkatan 6 6% pada siklus II. Dengan identifikasi gambar secara teliti didukung kemampuan siswa mendeskripsikan benda secara tertulis dan bimbingan guru selama kegiatan berlangsung maka terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa kelas II MI Miftahul Huda. Untuk membantu siswa mendeskripsikan benda sebaiknya guru memanfaatkan gambar dalam pembelajaran mendeskripsikan benda agar kemampuan siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105850

Actions (login required)

View Item View Item