Penerapan pembelajaran paikem untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang Kec. Rembang Kab. Pasuruan / Silahi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran paikem untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang Kec. Rembang Kab. Pasuruan / Silahi

UNSPECIFIED (2010) Penerapan pembelajaran paikem untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang Kec. Rembang Kab. Pasuruan / Silahi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kreativitas Menulis Bacaan PAIKEM Pada era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi sangatlah pesat. Untuk itu diperlukan generasi yang mampu berpikir cerdas kreatif dan dinamis. Dan salah satu usaha untuk mewujudkna tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan pembelajaran sejak dini. Pembelajaran bahasa Indonesia terutama dalam aspek menulis masih menjadi masalah yang sulit bagi siswa khususnya di Kelas IV MI Darul Ulum Rembang. Hal itu dapat dilihat dari hasil penilaian pada pra tindakan dan proses pembelajaran bahasa Indonesia terutama dalam hal menulis bacaan yang sesuai dengan ejaan yang baik dan benar. Masih banyak siswa yang cepat merasa jenuh pada saat pembelajaran menulis berlangsung. Banyak faktor yang mempengaruh hal tersebut diantaranya Pembelajaran berlangsung tanpa adanya variasi metode dalam kegiatan belajar mengajar para siswa dituntut untuk menguasai semua Kompetensi Dasar tanpa di imbangi dengan metode yang sesuai. Selain itu guru lebih sering memakai metode ceramah dengan kata lain minat baca para siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses dan hasil PAIKEM dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran menulis bacaan. 2) Mendeskripsikan penggunaan tanda baca titik ( . ) dan koma ( ). 3) Mendeskripsikan penggunaan huruf kapital. 4) Mendeskripsikan proses dan hasil PAIKEM dalam upaya mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang berusaha mengungkapkan gejala-gejala sebagai mana adanya pada masa kini. Dan didalamnya tercakup suatu usaha penyelidikan pencatatan penganalisaan dan penginterpretasian kondisi-kondisi yang terjadi. Cara kerja metode deskriptif dimulai dari pengumpulan data penganalisaan data penginterprestasian data kemudian penarikan kesimpulan.subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang Kec. Rembang Kab. Pasuruan yang berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes atau tugas Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) PAIKEM dapat mengoptimalkan pembelajaran menulis siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang. 2) Tingkat kesalahan penulisan tanda baca titik (.) dan tanda baca koma ( ) dalam tulisan siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang. 3) Tingkat kesalahan penulisan huruf kapital dalam tulisan siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang. 4) PAIKEM dapat mengembangakn kreativitas siswa MI Darul Ulum Rembang. Hasil peningkatan ini terlihat pada hasil belajar siswa dalam menulis bacaan dimana pada siklus 1 pertemuan petama prosentase hasil belajar siswa mencapai 50% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 65%. Adapun pada siklus II pertemuan pertama prosentase hasil belajar siswa mencapai 76 15% dan pada pertemuan kedua mengalami peningkatan mencapai 86 12%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) Guru hendaknya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia antara lain dengan menggunakan banyak metode tidak terbatas hanya pada metode ceramah dan tanya jawab saja melainkan juga lebih banyak memanfaatkan media pembelajaran agar penyampaian materi lebih menarik bagi siswa (2) Siswa hendaknya lebih meningkatkan kemampuannya menulis terutama dalam penggunaan tanda baca koma ( ) tanda baca titik (.) dan huruf kapital juga dalam pemahaman mengenai unsur kebahasaan yang lain (3) siswa hendaknya memperbanyak pembendaharaan kata diantaranya dengan membaca (4) penelitian lanjutan terutama mengenai metode pengajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105846

Actions (login required)

View Item View Item