Meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode tim kuis dengan media gambar siswa kelas IV MI Darul Ulum Kisik Kalirejo Kraton Pasuruan / Arif Rahman Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode tim kuis dengan media gambar siswa kelas IV MI Darul Ulum Kisik Kalirejo Kraton Pasuruan / Arif Rahman Hakim

Arif Rahman (2010) Meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode tim kuis dengan media gambar siswa kelas IV MI Darul Ulum Kisik Kalirejo Kraton Pasuruan / Arif Rahman Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Tim Kuis Keterampilan Berbicara MI Darul Ulum MI Darul Ulum adalah salah satu Madrasah Ibtidaiyah swasta yang terletak di Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan observasi di kelas IV dan wawancara terhadap guru kelas diketahui bahwa terdapat permasalahan yang cukup kompleks pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu kemampuan belajar kemampuan berpikir dan sikap siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia yang dapat berimbas pada hasil belajar siswa yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan (1) mendiskripsikan bagaimana penerapan keterampilan berbicara melalui metode Tim Kuis di kelas IV MI Darul Ulum (2) mendiskripsikan apakah penerapan keterampilan berbicara melalui metode Tim Kuis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV MI Darul Ulum Pasuruan. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan mulai Februari 2010 sampai akhir Mei 2010. Tindakan kelas dilaksanakan bulan April 2010 sampai Mei 2010. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Darul Ulum Pasuruan yang terdiri dari 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan berbicara melalui metode Tim Kuis pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan (1) kemampuan belajar siswa dari yang semula kurang fokus menjadi lebih fokus dalam belajar (2) kemampuan berpikir dari membuat pertanyaan pada setiap siklus mengalami peningkatan dari yang semula menggunakan bahasa yang kurang baku dan singkat menjadi bahasa yang baku dan tidak singkat lagi (3) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan juga mengalami peningkatan pada setiap siklus yakni dari yang semula menggunakan bahasa yang kurang baku dan singkat menjadi bahasa yang baku dan tidak singkat lagi (4) rasa senang siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan dari yang semula sering bosan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih bersemangat dalam mempelajari bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada kepala sekolah agar dapat memotifasi guru-gurunya untuk menerapkan metode ini dan juga memperhatikan kelebihan dan kekurangannya sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi siswanya serta dapat meningkatkan mutu pencapaian tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105843

Actions (login required)

View Item View Item