Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas V SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Khoirul Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas V SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Khoirul Anwar

Khoirul (2010) Peningkatan hasil belajar IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada siswa kelas V SDN Gejugjati I Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan / Khoirul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar pembelajaran kooperatif NHT IPS SD Berdasarkan observasi awal dan wawancara singkat dengan guru kelas V yaitu Ibu Misliha S. Pd yang dilaksanakan pada minggu pertama bulan Maret 2010 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi sejarah. Sebagian siswa tidak menyukai IPS karena banyak hafalan-hafalan. Dalam pembelajaran guru masih menerangkan secara klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan penelitian ini mengacu kepada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah (a) pedoman observasi (b) angket (c) pedoman wawancara dan (d) tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Gejujgjati I. Evaluasi pra tindakan diperoleh hasil pembelajaran dengan 8 siswa atau 22 % siswa yang tuntas dalam belajarnya. Data yang telah diperoleh dari hasil tes pada siklus I menunjukkan ada kesamaan antara siswa yang tuntas dan siswa yang belum tuntas yaitu siswa yang tuntas 18 siswa atau 50 %. Data yang diperoleh dari hasil tes pada siklus II siswa yang berhasil dalam belajar meningkat dari 18 siswa menjadi 28 siswa atau 78 % yang tuntas . Rata-rata hasil belajar meningkat dari 64 3 % menjadi 72 8 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) dalam proses pembelajaran siswa aktif bekerja dalam kelompok. Mereka bertanggungjawab penuh terhadap soal yang diberikan. Artinya Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (2) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered heads Together (NHT) hasil belajar IPS pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105835

Actions (login required)

View Item View Item