Penggunaan media CD interaktif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan / Fandy Bagus Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media CD interaktif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan / Fandy Bagus Santoso

Fandy Bagus (2010) Penggunaan media CD interaktif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan / Fandy Bagus Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci CD Interaktif IPA Hasil Belajar. Materi mata pelajaran IPA yang membahas setiap tingkah laku lingkungan dan kegiatan makhluk hidup tentu dapat memancing antusias belajar siswa. Tetapi sayang kenyataan yang terjadi di lapangan sangat bertolak belakang dengan pernyataan diatas. Siswa kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran IPA dikarenakan kurangnya media yang mampu menarik perhatian siswa. Media yang tepat memegang peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran IPA. Dengan menggunakan media yang tepat seorang guru dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran IPA yang menarik. Salah satu media yang dapat menarik siswa adalah media CD Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran CD Interaktif dalam pembelajaran IPA (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan (3) Mendeskripsikan aktivitas siswa dengan penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan (4) Mendeskripsikan tanggapan guru kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan terhadap penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya (5) Mendeskripsikan tanggapan siswa kelas 4 SDN Mangguan 1 Pasuruan terhadap penggunaan CD Interaktif dalam pembelajaran IPA kompetensi dasar menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan upaya untuk memecahkan masalah yang timbul di kelas. Penelitian Tindakan Kelas mempunyai 4 tahap yakni Perencanaan (Planning) Tindakan dan Pengamatan (Action and Observation) Refleksi (Reflektive) dan Revisi (Revise). Dalam penelitian ini siswa belajar dengan menggunakan media CD Interaktif. Penggunaan media CD Interaktif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hasil ini terlihat dari hasil tes siswa yang mengalami perubahan yang signifikan sebelum menggunakan media CD Interaktif dan setelah menggunakan media CD Interaktif. Sebagaimana media-media yang lain yang mempunyai kelebihan dan kekurangan media ini juga memiliki kelemahan yang sangat mendasar yaitu biaya yang dibutuhkan sangat besar. Dalam proses pembelajaran diperlukan inovasi yang terus menerus dari seorang guru. Salah satu syarat terciptanya pembelajaran yang menarik adalah menggunakan media yang mampu membangkitkan keingintahuan siswa dan memotivasi siswa untuk menemukan hal-hal baru dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105833

Actions (login required)

View Item View Item