Penggunaan media foto untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Mulyoagung 03 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Fiddina Fauzia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media foto untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Mulyoagung 03 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Fiddina Fauzia

Fiddina (2010) Penggunaan media foto untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Mulyoagung 03 Kecamatan Dau Kabupaten Malang / Fiddina Fauzia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Foto Kemampuan Menulis Karangan Narasi SD Pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri dari empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak berbicara membaca dan menulis. Setiap keterampilan itu erat sekali berhubungan dengan ketiga keterampilan lainnya. Adapun dalam kenyataan masih banyak permasalahan yang menyangkut tentang kesulitan belajar siswa sekolah dasar dalam memahami dan mempraktekkan tiap aspek keterampilan berbahasa. Salah satunya adalah aspek menulis. Menulis merupakan salah satu latihan berpikir pada diri siswa untuk mengembangkan fantasi imajinasi dan melatih daya cipta. Untuk itu guru harus dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menulisnya seperti menulis karangan narasi. Sehubungan dengan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SDN Mulyoagung 03 mengalami kesulitan dalam menulis sebuah karangan narasi yang utuh. Oleh karena itu dipilihlah media foto sebagai media yang tepat untuk membantu mengatasi kesulitan siswa dalam menulis karangan narasi. Adapun tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan penggunaan media foto dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Mulyoagung 03 Kecamatan Dau Kabupaten Malang pada pelajaran Bahasa Indonesia (2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Mulyoagung 03 Kecamatan Dau Kabupaten Malang pada pelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung sedangkan guru kelas sebagai pengamat (observer). Penelitian ini terdiri dari siklus yang berdaur mulai dari perencanaan pelaksanaan pemantauan dan perefleksian. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian dilaksanakan di Kelas V SDN Mulyoagung 03 Kecamatan Dau Kabupaten Malang dengan objek penelitian yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari pretes sebelumnya berjumlah 10 siswa dengan rata-rata kelas 68 1 menjadi 14 siswa dengan rata-rata kelas 70 5 pada siklus I. Selanjutnya dari tindakan siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan penguasaan rata-rata dari 70 5 menjadi 73 6. Diketahui pula siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus II mencapai keseluruhan karena sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 70. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media foto dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan. Pembelajaran menggunakan media foto juga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan siswa dapat mengeluarkan ide dan berimajinasi serta siswa dapat aktif dalam kegiatan belajar di kelas serta membantu siswa dalam membuat sebuah karangan narasi. Adapun saran kepada guru hendaknya dalam mengajar tidak sekadar mengajarkan buku dan menggunakan teknik pembelajaran yang monoton. Sebagai guru SD hendaknya lebih cermat dalam pemilihan media yang bervariasi agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran serta dapat menambah pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105832

Actions (login required)

View Item View Item