Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui membaca cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Jatisari I Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Darsono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui membaca cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Jatisari I Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Darsono

UNSPECIFIED (2010) Peningkatan keterampilan menulis cerita melalui membaca cerita pendek pada siswa kelas IV SDN Jatisari I Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Darsono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan menulis menulis membaca cerita pendek. Untuk mempermudah siswa agar lebih banyak mendapatkan ide atau gagasan dalam menulis guru sebaiknya menggunakan buku bacaaan yang relevan dan kreatif dengan kompetensi yang akan dicapai. Berdasarkan uraian tersebut peneliti berpendapat bahwa bacaan yang cocok untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita adalah dengan membaca cerita pendek yang dipilih disukai oleh siswa hal ini dilakukan agar siswa lebih termotivasi dan banyak memperoleh informasi atau ide untuk ditulis dalam bentuk cerita. Berdasarkan studi awal peneliti selama melakukan observasi dan wawancara pada guru kelas IV di SDN Jatisari I Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan diantaranya (1) Siswa belum mampu mengembangkan cerita (2) Siswa masih belum dapat memilih kosakata yang tepat dalam menulis cerita (3) kualitas penulisan yang dihasilkan masih rendah (4) kemampuan siswa dalam mengorganisasi ide masih belum tertata dengan baik. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas untuk melaksanakan tindakan ini disusun pelaksanaan tindakan secara bersiklus. Siklus I dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Pertemuan pertama adalah tahap pramenulis dan tahap menulis kegiatan pemburaman pertemuan kedua kegiatan revisi dan penyuntingan dan pertemuan ketiga adalah kegiatan publikasi. Dan siklus II juga dilaksanakan dalam 3 kali. Pertemuan pertama adalah tahap pramenulis dan tahap menulis kegiatan pemburaman pertemuan kedua kegiatan revisi dan penyuntingan dan pertemuan ketiga adalah kegiatan publikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi yang dilaksanakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung baik pada siklusI maupun pada siklus II. Selain itu peneliti juga menilai hasil akhir berdasarkan penulisan cerita yang dilakukan oleh setiap siswa. Kegiatan yang dilaksanakan dalam penelitian ini berdasarkan pada tiga tahap. Tahap (1) pramenulis (2) menulis dan (3) pascamenulis. Berdasarkan hasil penelitian siklus I pada tahap pramenulis skor siswa mencapai 71% dari skor maksimal tahap menulis skor siswa mencapai 68% dari skor maksimal tahap pascamenulis skor siswa mencapai 73% dari skor maksimal. Sedangkan hasil penelitian siklus II pada tahap pramenulis skor siswa mencapai 77% dari skor maksimal tahap menulis skor siswa mencapai 78% dari skor maksimal tahap pascamenulis skor siswa mencapai83 % dari skor maksimal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tahap-tahap proses menulis yaitu tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis melalui membaca cerita pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas IV SDN Jatisari I Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105831

Actions (login required)

View Item View Item