Upaya peningkatan kemampuan siswa menulis laporan hasil wawancara melalui pedoman wawancara di kelas V SDN Wedoro 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Wensislaus Labok - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan kemampuan siswa menulis laporan hasil wawancara melalui pedoman wawancara di kelas V SDN Wedoro 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Wensislaus Labok

Wensislaus (2010) Upaya peningkatan kemampuan siswa menulis laporan hasil wawancara melalui pedoman wawancara di kelas V SDN Wedoro 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Wensislaus Labok. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kemampuan menulis pedoman laporan SD Keterampilan menulis itu sulit tetapi peranannya dalam kehidupan manusia sangat penting dalam masyarakat sepanjang zaman. Kegiatan menulis dapat ditemukan dalam aktivitas manusia setiap hari seperti menulis surat laporan buku artikel dan sebagainya. Dapat dikatakan bahwa kehidupan manusia hampir tidak bisa dipisahkan dari kegiatan menulis. Menulis laporan hasil wawancara yang digunakan dalam penelitian ini melalui pedoman wawancara karena kemampuan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Wedoro I masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan aktivitas siswa kelas V SDN Wedoro 1 kecamatan Pandaan dalam menulis laporan hasil wawancara melalui pedoman wawancara pada pembelajaran Bahasa Indonesia (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis laporan hasil wawancara di kelas V SDN Wedoro 1 Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan setelah pedoman wawancara diterapkan pada materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di SDN Wedoro I kecamatan Pandaan kabupaten Pasuruan. Siklus I dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 26 Mei 2010 dan dilaksanakan siklus II pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2010. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan mengacu pada rancangan penelitian desain PTK model Kemmis dan Taggart. Data yang telah terkumpul akan dianalisis secara deskriptif baik deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil evaluasi kemampuan menulis dalam penelitian ini adalah Kemampuan menulis siswa yang diperoleh pada pra tindakan secara klasikal adalah 59 78%. Sedangkan pada siklus I kemampuan menulis siswa secara klasikal meningkat menjadi 6 60%. Pada siklus II kemampuan menulis siswa secara klasikal meningkat menjadi 8 60%. Penggunaan pedoman wawancara dalam penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa kelas V SDN Wedoro I dalam menulis laporan hasil wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105830

Actions (login required)

View Item View Item