Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan pengalaman berbahasa (PPB) pada siswa kelas II SDN Beji II - Pasuruan / Kartini Rumlety - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan pengalaman berbahasa (PPB) pada siswa kelas II SDN Beji II - Pasuruan / Kartini Rumlety

Kartini (2010) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pendekatan pengalaman berbahasa (PPB) pada siswa kelas II SDN Beji II - Pasuruan / Kartini Rumlety. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pendekatan pengalaman berbahasa (PPB) kemampuan membaca permulaan. Membaca permulaan merupakan suatu upaya dari orang-orang dewasa untuk memberikan dan menampilkan anak pada sejumlah pengetahuan dan keterampilan khusus dalam rangka mengantarkan anak mencapai mampu membaca bahasa. Dalam pelaksanaannya pembelajaran membaca di kelas 2 SD mengalami banyak sekali kendala. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Beji II. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pengalaman berbahasa (PPB). Rencana penelitian dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan bersiklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Beji II kecamatan Beji kabupaten Pasuruan yang berjumlah 30 siswa. melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes lisan membaca sedangkan tes tertulis berupa soal objektif pilihan ganda. Instrumen nontes berupa pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar secara klasikal mengalami peningkatan dari 51 66 % pada pra tindakan menjadi 63 83 % kemudian menjadi 78 5 % pada siklus II. Hasil belajar berupa kemampuan membaca meningkat dari 7 43 %pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 9 56 % pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran dengan pendekatan pengalaman berbahasa (PPB) diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru hendaknya lebih memilih alternatif pembelajaran membaca yang sesuai untuk anak didiknya terutama terhadap penerapan pendekatan pengalaman berbahasa yang terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD. Bagi sekolah hendaknya memberikan kebebasan guru untuk mencari sumber belajar yang lain mengingat banyak sekali sekolah yang menetapkan salah satu produk buku untuk dijadikan pegangan belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105829

Actions (login required)

View Item View Item