Penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Gambiran I Kec. Prigen Kab. Pasuruan / Lilik Yuliati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Gambiran I Kec. Prigen Kab. Pasuruan / Lilik Yuliati

Lilik (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Gambiran I Kec. Prigen Kab. Pasuruan / Lilik Yuliati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kuci pembelajaran kooperatif TGT hasil belajar IPS SD. Nilai IPS termasuk dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata nilai pra tindakan yaitu 63. Dari siswa yang berjumlah 31 anak hanya ada 8 siswa (28%) yang mencapai KKM sedangkan 23 siswa (74%) masih belum mencapai KKM. Hal ini karena guru lebih sering menerapkan metode pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan siswa dan pengalaman langsung pada diri siswa. Permasalahan tersebut diatasi dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournaments (TGT) dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Gambiran 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Teams Game Tournaments (TGT) dan 2) mendeskripsikan pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Gambiran I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan menggunakan model Kemmis Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gambiran 1 Kecamatan prigen Kabupaten Pasuruan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN Gambiran 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi pedoman wawancara soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep IPS materi pokok denah dan peta secara klasikal mengalami peningkatan dari 63 39% pada pra tindakan menjadi 73 04% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 82 13%. Hasil belajar berupa ketrampilan proses kerjasama meningkat dari 62 07% pada siklus I kemudian mengalami peningkatan menjadi 93 33% pada siklus II. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan setelah pembelajaran kooperatif model TGT diterapkan. Dari penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan pembelajaran kooperatif dalam mata pelajaran IPS. Bagi peneliti lain diharapkan dapat meneliti dengan menggunakan metode atau pendekatan lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105827

Actions (login required)

View Item View Item