Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kotalama V Malang / Ida Hamzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kotalama V Malang / Ida Hamzah

Ida (2010) Penerapan pembelajaran model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kotalama V Malang / Ida Hamzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci pembelajaran mind mapping hasil belajar membaca pemahaman. Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam proses pembelajaran. Membaca harus dipandang sebagai proses pemahaman dan merupakan bentuk khusus dari penalaran bukan semata-mata mengenali atau mengucapkan kata-kata. Pengertian membaca sebagai proses mencari makna itu bukan berarti mengabaikan huruf dan kata. Huruf dan kata harus diidentifikasi oleh pembaca. Pengidentifikasian itu bertujuan untuk mencari makna. Hasil studi pendahuluan terhadap kompetensi siswa dalam membaca pemahaman menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan makna dari bacaan. Hal ini dikarenakan antusiasisme siswa yang masih rendah dan kurang tepatnya guru dalam pemilihan cara dan media dalam pembelajaran membaca pemahaman. Oleh karena itu peneliti memandang perlu untuk menerapkan model pembelajaran baru yang kreatif dan inovatif dalam membaca pemahaman. Peneliti memilih mind mapping sebagai model yang akan diterapkan pada pembelajaran tersebut. Sejalan dengan rumusan masalah yang dibuat penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran membaca pemahaman dan mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan di SDN Kotalama 5 mulai bulan Juli minggu ke-4 sampai Agustus minggu ke-5 tahun 2009. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi tes hasil belajar dan angket. Analisis hasil penelitian dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca pemahaman dengan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Jika pada kegiatan pratindakan nilai rata-rata siswa 55 7 pada siklus I menjadi 66 3 dan pada siklus II naik menjadi 77 9. Berdasarkan hasil penelitian ini agar guru membiasakan menerapkan model pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca pemahaman dan mencoba menggunakannya pada mata pelajaran yang lain. Dalam kegiatan belajar mengajar guru perlu memperhatikan hal-hal yang mendukung hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105820

Actions (login required)

View Item View Item