Implementasi model integrated untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menyusun laporan hasil musyawarah siswa SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Damianus Rahawarin - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model integrated untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menyusun laporan hasil musyawarah siswa SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Damianus Rahawarin

Damianus (2010) Implementasi model integrated untuk meningkatkan pemahaman konsep dan menyusun laporan hasil musyawarah siswa SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Damianus Rahawarin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model Integrated pemahaman konsep dan menyusun laporan PKn sekolah dasar. Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warganegara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warganegara Indonesia yang cerdas terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Permasalahan yang dialami oleh para siswa kelas V SDN Sladi Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan adalah rendahnya pemahaman konsep dan menyusun laporan hasil musyawarah. Hal ini disebabkan karena pemanfaatan media yang belum maksimal pada diri guru dan guru belum mampu mengantarkan para siswa pada konteks kehidupan riil selain itu guru masih dominan dengan menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi pasif dan pembagian kelompok masih identik dengan menggabungkan siswa berdasarkan satu jenis kelamin. Oleh karena itu peneliti merasa perlu untuk diterapkan pembelajaran yang inovatif kreatif dan menyenangkan yaitu dengan mengimplementasikan model intagreted Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan 2 siklus dengan standar nilai ketuntasan 70 dan ketuntasan belajar kelas 90% jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemis Taggart melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sladi Kecamatan Kejayan kabupaten Pasuruan yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 48 86 sebanyak 12 siswa (54 54 %) belum tuntas karena masih berada dibawah kriteria penilaian sebanyak 7 siswa (31 84 %) tuntas karena sudah mencapai kriteria ketuntasan oleh karena itu perlu diadakan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas V SDN Sladi adalah 69 77 sebanyak 5 siswa (22 72 %) yang belum tuntas atau belum mencapai kriteria ketuntasan sedangkan sebanyak 17 siswa (77 27 %) yang sudah tuntas karena telah mencapai kriteria ketuntasan. Dengan melihat pada nilai rata-rata siswa pada tiap siklus maka pada siklus II nilai siswa mengalami peningkatan. Hal ini melambangkan bahwa model integrated ini berhasil meningkatkan berbagai kemampuan siswa sebagaimana dimaksud. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model integrated dalam mengajarkan mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105815

Actions (login required)

View Item View Item