Peningkatan prestasi belajar PKn melalui penerapan inkuiri nilai bagi siswa kelas II B SDN Tawangsari 01 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Juwita - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar PKn melalui penerapan inkuiri nilai bagi siswa kelas II B SDN Tawangsari 01 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Juwita

UNSPECIFIED (2010) Peningkatan prestasi belajar PKn melalui penerapan inkuiri nilai bagi siswa kelas II B SDN Tawangsari 01 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Juwita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Prestasi Belajar PKn Inkuiri Nilai Prestasi belajar PKn siswa kelas II B di SDN Tawangsari 01 Kecamatan Garum Kabupaten Blitar masih belum menunjukkan ketuntasan karena masih banyak siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan. Setelah diadakan pengamatan tampak bahwa metode yang digunakan oleh guru masih secara tradisional berupa kegiatan ceramah tanya jawab maupun penugasan. Hal ini menimbulkan rasa bosan dan malas belajar pada siswa. Maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan pendekatan inkuiri. Dan karena mata pelajaran yang diangkat adalah PKn penelitian ini lebih difokuskan pada penerapan model inkuiri nilai di mana pembelajaran lebih ditekankan pada penanaman nilai-nilai moral pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PKn dengan menerapkan model inkuiri nilai pada siswa kelas II B di SDN Tawangsari 01. Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Pe-nelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tawangsari 01 khususnya pada kelas II B dengan jumlah siswa sebanyak 20 anak. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap. Tahap 1 adalah pembelaran pra tindakan di mana pembelajaran ini belum menerapkan inkuiri nilai. Metode yang digunakan masih secara klasikal. Sedangkan pada tahap 2 dan 3 yaitu pembelajaran siklus 1 dan 2 telah menerapkan inkuiri nilai pada praktek pembelajarannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan catatan lapangan. Dari hasil observasi awal terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas II B dapat diketahui bahwa sebanyak 10 dari 20 siswa memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Sedangkan siswa yang memperoleh nilai 70 atau lebih dari 70 juga sebanyak 10 siswa. Hal ini berarti bahwa hanya ada 50% siswa yang telah tuntas belajar. Penelitian ini menunjuk-kan adanya peningkatan prestasi belajar PKn pada siswa kelas II B. Peningkatan prosentase prestasi belajar siswa pada tahap pra tindakan sebesar 75%. Pada siklus 1 hasilnya masih sama dengan tahap pra tindakan yaitu 75% namun pada siklus 2 hasilnya naik menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan inkuiri nilai dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Oleh karena itu hendaknya para guru dapat menerapkan model inkuiri nilai ini dalam pembelajaran bukan hanya pada mata pelajaran PKn tapi juga dapat digunakan pada mata pelajaran lainnya yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105738

Actions (login required)

View Item View Item