Peningkatan kemampuan menggunakan tanda baca karangan narasi dengan model koreksi teman sebaya siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur / Muhammad Sulton - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggunakan tanda baca karangan narasi dengan model koreksi teman sebaya siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur / Muhammad Sulton

Muhammad (2010) Peningkatan kemampuan menggunakan tanda baca karangan narasi dengan model koreksi teman sebaya siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur / Muhammad Sulton. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sulton Muhammad. 2010. Peningkatan Kemampuan Menggunakan Tanda Baca Karangan Narasi dengan Model Koreksi Teman Sebaya Siswa Kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Drs. A. Badawi S.Pd. M.Pd Kata Kunci kemampuan tanda baca koreksi sebaya Pembelajaran di sekolah-sekolah masih banyak yang menggunakan pembelajaran konvensional sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Pada kenyataannya pembelajaran di SDN Andonosari III masih didominasi guru dengan metode ceramah akibatnya aktivitas dan hasil belajar tidak sesuai dengan tujuan yang dharapkan. Tidak terkecuali pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis. Selama ini sebagian besar sekolah lebih menekankan pada hasil menulis daripada proses menulis itu sendiri. Padahal tanpa proses yang tepat mustahil akan didapat hasil menulis yang bagus. Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada keterlibatan siswa secara aktif dalam proses menulis. Salah satu alternatif yaitu Agar penelitian ini dapat memenuhi sasaran maka perlu ditetapkan tujuan penelitian yang dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) perencanaan pembelajaran tanda baca pada karangan narasi dengan model koreksi teman sebaya 2) implementasi pembelajaran tanda baca pada karangan narasi dengan model koreksi teman sebaya dan 3) peningkatan kemampuan menggunakan tanda baca pada karangan narasi melalui model koreksi teman sebaya siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 12 siswa. Data diperoleh melalui observasi tes tulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model koreksi teman sebaya aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca serta peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran mulai dari pra kegiatan sampai siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan model koreksi teman sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Andonosari III Kecamatan Tutur Pasuruan. Pembelajaran dengan model koreksi teman sebaya ini membutuhkan waktu perhatian dan bimbingan guru yang lebih banyak. Karena memang model ini sedikit menyulitkan bagi guru maupun siswa bila tidak direncanakan secara tepat. Untuk itu dalam penerapannya perlu diperhatikan penyusunan rencana pembelajaran dengan memperhatikan alokasi waktu secara cermat tingkat kesulitan materi dan tingkat perkembangan anak didik. Harapan penulis apa yang menjadi kelemahan pada penelitan ini dapat dijadikan pijakan bagi peneliti lain untuk kesempurnaan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105737

Actions (login required)

View Item View Item