Peneraoan pembelajaran pakem dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Zainul Adha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peneraoan pembelajaran pakem dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Zainul Adha

Zainul (2010) Peneraoan pembelajaran pakem dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Zainul Adha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran PAKEM hasil belajar Kesan Verbalisme dalam pelaksanaan pembelajaran masih terlalu kuat. belajar mengajar (KBM) masih terlalu kuat. Kecenderungan pembelajaran yang demikian mengakibatkan pengembangan potensi diri siswa dan pembelajaran tidak optimal. Untuk mengatasi permasalahan diatas banyak strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran akan tetapi guru harus dapat memilih cara tepat strategi mana yang paling efektif dalam penyamapaian materi. Salah satu alternatif yang dapat dikembangkan untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah strategi PAKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran PAKEM dalam pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Tanjungrejo2 Kecamatan Sukun Kota Malang setelah menggunakan pembelajaran PAKEM Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan (action recearh). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tanjungrejo 2 Kecamatan Sukun Kota Malang. Data Dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara (1) Pemberian Angket (2) Observasi (3) Dokumentasi (4) Wawancara (5) Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu proses makna tindakan dan pemaknaan. Kegiatan analisis meliputi reduksi data penyaji data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis terhadap data dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa.(2) Hasil belajar siswa dapat meningkat meningkat setelah dilaksanakan penerapan PAKEM. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu 45% 70% dan 91%. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I adalah 25% sedangkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 21%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar materi sumber daya alam dan kegiatan ekonomi. Disarankan agar guru dalam menyampaikan materi hendaknya pembelajaran PAKEM.Bagi peneliti lain diharapkan untuk meneliti metode pembelajaran yang lain dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105735

Actions (login required)

View Item View Item