Ratnawati, Riris (2018) Teaching speaking in SMPN 3 Malang / Riris Ratnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iii ABSTRAK Ratnawati Riris. 2017. Teaching Speaking in SPMN 3 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. H. Moh. Adnan Latief Ph.D. Kata Kunci pengajaran berbicara teknik bercerita Siswa dalam menguasai bahasa inggris menemukan berbagai kendala. Guru terlihat lebih dominan berbicara pada proses pembelajaran. Akibatnya banyak siswa yang pasif duduk manis dan banyak mendengarkan dari pada berbicara. Oleh karena itu terlihat sangat sulit untuk menjadikan mereka aktif berbicara. Yang ke dua siswa sering berkecil hati dalam berbicara bahasa inggris karena mereka kikuk untuk berbicara dan mereka takut apabila melakukan kesalahan. Guru seharusnya memiliki strategi yang bagus ketika mengajar seperti memberikan motivasi memberikan materi yang menarik dan menentukan teknik yang tepat untuk menyelesaikan kendala tersebut. Di SMPN 3 Malang terdapat prestasi yang membanggakan pada extrakulikuler storytelling para siswa sangat pandai dalam berbahasa inggris dan sempat memperoleh juga dalam contest storytelling. Dari situ dapat di asumsikan bahwa teknik pembelajaran berbicara di SMPN 3 Malang sangat baik.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berbicara di SMPN 3 Malang. Dan di fokuskan pada pendeskripsian perencanaan dan proses pembelajaran berbicara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif qualitative studi kasus. Peneliti adalah sebagai instrument utama. Data di kumpulkan melalui wawancara dan observasi kelas untuk menemukan bukti bahwa teknik yang di lakukan oleh guru sangat bagus. Peneliti melakukan wawancara dalam dua hari hari pertama mewawancarai guru extrakulikuler storytelling dan di hari berikutnya mewawancarari siswa yang mengikuti extrakulikuler storytelling. Ada dua bagian observasi kelas yang pertama menulis kegiatan guru pada sesi wawancara kemudian memadu padankan kegiatan yang guru lakukan di dalam kelas. Pengamatan di laksanakan ketika guru sedang mengajar di kelas. Pengamatan ini memuat pengamatan tentang situasi proses guru mengajar dan aktivitas para siswa di dalam kelas. Penemuan dalam penelitian ini terlihat bahwa pengajaran berbicara guru melakukan dua bagian. Yang pertama adalah perencanaan dan yang ke dua adalah pelaksanaan. Pada perencanaan guru menyusun beberapa perencanaan sebelum mengajar seperti menentukan target alokasi waktu persiapan materi dan media. Bagian yang kedua adalah pelaksanaan di dalam kelas guru melakukan beberapa aktivitas seperti memberi motivasi dan pengajaran. Guru memilih motivasi sebagai factor yang membuat siswa meningkatkan semangat mereka untuk iv berbicara. Guru memberikan motivasi melalui dua cara yang pertama menceritakan tentang pengalaman dan kepercayaan dan yang kedua memotivasi dengan menunjukkan video tentang pencerita yang sukses. Pada pengajaran guru mengajarkan berbicara menggunakan teknik bercerita. Guru memilih materi dari apa yang dibutuhkan oleh siswa. Giru mengajarkan tentang isi dari bercerita bagaimana untuk bercerita dan memberika contoh tentang bercerita. Media yang di gunakan juga bervariasi namun berstandar. Mereka adalah LCD laptop speaker dan guru sendiri. Guru menilai para siswa melalui persentasi di depan kelas. Pada umumnya bisa di katakana bahwa pengajaran berbicara relatif bagus. Berdasarkan pada temuan disarankan bahwa penemuan penelitian ini dapat berguna untuk guru bahasa inggris sebagai pertimbangan untuk memilih bagaimana mereka harus mengajar berbicara. Penelitian yang lebih dalam dapat mengfokuskan pada penelitian keefektivan teknik guru karena teknik yang digunakan baik dan berguna untuk membantu di pembelajaran berbicara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |