The effectiveness of writing process using cue cards in teaching writing skill / Erni Dwiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

The effectiveness of writing process using cue cards in teaching writing skill / Erni Dwiyanti

Dwiyanti, Erni (2018) The effectiveness of writing process using cue cards in teaching writing skill / Erni Dwiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dwiyanti Erni. 2018. Keefektifan dari Writing Process Menggunakan Cue Cards dalam Mengajar Kemampuan Menulis. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Enny Irawati M.Pd. (2) Dr. Ekaning D. Laksmi M.Pd. M.A Kata Kunci Writing Process Cue Cards Keterampilan Menulis Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan Writing Process dengan menggunakan Cue Cards dalam pengajaran menulis teks deskriptif siswa kelas tujuh. Penelitian dilakukan di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang pada bulan Januari 2018. Data kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitiannya adalah desain pra eksperimental. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah salah satu kelas di kelas tujuh yang terdiri dari 30 siswa dengan tingkat kemampuan rata-rata. Data dikumpulkan dari nilai pretest dan posttest. Selama tiga kali treatments siswa diberikan beberapa tes menulis deskriptif dengan menggunakan Cue Cards. Mereka juga diajar dengan menggunakan pendekatan writing process. Data dianalisis dengan beberapa langkah memeriksa tulisan siswa dengan menggunakan rubrik penilaian menganalisis normalitas data menggunakan Shapiro-Wilk untuk memenuhi asumsi statistik menetapkan hipotesis statistik dengan menggunakan Uji beda dua sampel berpasangan (Paired-Sample T-Test) dan menentukan bagaimana hipotesis nol diterima atau ditolak. Data kuantitatif dianalisis dengan membandingkan rata-rata nilai pretest dan posttest siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Writing Process dan media Cue Cards efektif untuk digunakan dalam pengajaran menulis teks deskriptif. Ini menunjukkan bahwa tingkat signifikan dari pretest dan posttest adalah .000 yang berarti lebih kecil dari 0 05 (.000 8804 0 05). Hal tersebut berarti adanya cukup bukti untuk menolak hipotesis nol sehingga hipotesis alternatif diterima bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest siswa. Singkatnya hasil skor posttest siswa lebih tinggi dari skor pretest. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan cue cards dan pendekatan writing process efektif untuk dalam pengajaran keterampilan menulis khususnya teks deskriptif. Penggunaan cue cards juga dapat memotivasi dan mendorong siswa untuk menulis teks untuk kartu yang menarik tersebut. Isi dari kartu tersebut ialah gambar berwarna-warni dan beberapa kosakata yang dapat membantu siswa untuk membayangkan situasi yang ada didalam gambar sehingga para siswa secara aktif terlibat dalam proses belajar dan mengajar karena penggunaan media itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10561

Actions (login required)

View Item View Item