RAHMAH, FITRATUR (2019) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR BERDASARKAN GAYA KOGNTIFI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Representasisiswadalammengomunikasikanpenyelesaianmasalahmatematikamerupakansalahsatukesulitanbagisiswa.SalahsatuStandarNasionalPendidikandalampembelajaranmatematikaadalahmenyelesaikanmasalahmatematikadenganbaikmerupakanagardapatmenyelesaikandenganbaikdibutuhkanberbagaikemampuanmatematissalahsatunyakemampuanrepresentasi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanprofilkemampuanrepresentasimatematissiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberdasarkangayakognitifsiswayaitugayareflektifdangayaimpulsif.MenurutNCTM(2000)terdapattigastandarkemampuanrepresentasimatematisyaitusebagaiberikut1)Menyatakanide-idematematikadenganmembuatdanmenggunakanrepresentasi.2)Menyelesaikanmasalahdenganmemilihdanmenerjemahkanantarrepresentasi.3)Membuatmodeldanmenginterpretasifenomenamatematisfisikdansosialdenganmengggunakanrepresentasi.Jenispenelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.PenelitiandilakukandikelasVIIISMPIslamMaarif02Malangdengan2subjekbergayakognitifreflektifdan2subjekbergayakognitifimpulsifyangdiambildari24siswa.PemilihansubjekpenelitiandenganmenggunakaninstrumenMatchingFamiliarFigureTest(MFFT)masalahmatematikadanpedomanwawancara.Hasilpenelitianpadaprofilsiswareflektifpadaprosesmemahamimasalahdanmengemukakaninformasilebihbervariasidanmenggunakanberbagaibentukrepresentasimatematisyaknivisualdanverbal.Sementaraitupadaprosespenyelesaianmasalahmenggunakanrepresentasiekspresimatematis.Siswareflektifdapatmenuliskanlangkah-langkahpenyelesaianwalaupunadabeberapayangsalahterhadaphasilkarenakesalahandalamberhitung.Padaprosespengerjaansangatberhati-hatidalammenuliskanataumenggambarkaninformasiuntukmenghindarikesalahandalamprosespenyelesaianya.Profilsiswaimpulsifdalammenyelesaikanmasalahmengerjakandengancarayangkurangbervariasidalammengungkapkaninformasipadamasalahdanjugapadaprosespenyelesaian.Siswainicenderunglangsungmengerjakanpenyelesaiantanpamenuliskaninformasiyangterdapatpadamasalahmatematika.Prosesyangdilakukansepertiitumemberikancerminanbahwasiswainitanpaberpikirpanjangdantanpaberpikirlebihdetail.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Kimia |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:40 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 07:40 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1056 |
Actions (login required)
View Item |