PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR BERDASARKAN GAYA KOGNTIFI - Repositori Universitas Negeri Malang

PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR BERDASARKAN GAYA KOGNTIFI

RAHMAH, FITRATUR (2019) PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR BERDASARKAN GAYA KOGNTIFI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Representasisiswadalammengomunikasikanpenyelesaianmasalahmatematikamerupakansalahsatukesulitanbagisiswa.SalahsatuStandarNasionalPendidikandalampembelajaranmatematikaadalahmenyelesaikanmasalahmatematikadenganbaikmerupakanagardapatmenyelesaikandenganbaikdibutuhkanberbagaikemampuanmatematissalahsatunyakemampuanrepresentasi.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanprofilkemampuanrepresentasimatematissiswadalammenyelesaikanmasalahmatematikaberdasarkangayakognitifsiswayaitugayareflektifdangayaimpulsif.MenurutNCTM(2000)terdapattigastandarkemampuanrepresentasimatematisyaitusebagaiberikut1)Menyatakanide-idematematikadenganmembuatdanmenggunakanrepresentasi.2)Menyelesaikanmasalahdenganmemilihdanmenerjemahkanantarrepresentasi.3)Membuatmodeldanmenginterpretasifenomenamatematisfisikdansosialdenganmengggunakanrepresentasi.Jenispenelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.PenelitiandilakukandikelasVIIISMPIslamMaarif02Malangdengan2subjekbergayakognitifreflektifdan2subjekbergayakognitifimpulsifyangdiambildari24siswa.PemilihansubjekpenelitiandenganmenggunakaninstrumenMatchingFamiliarFigureTest(MFFT)masalahmatematikadanpedomanwawancara.Hasilpenelitianpadaprofilsiswareflektifpadaprosesmemahamimasalahdanmengemukakaninformasilebihbervariasidanmenggunakanberbagaibentukrepresentasimatematisyaknivisualdanverbal.Sementaraitupadaprosespenyelesaianmasalahmenggunakanrepresentasiekspresimatematis.Siswareflektifdapatmenuliskanlangkah-langkahpenyelesaianwalaupunadabeberapayangsalahterhadaphasilkarenakesalahandalamberhitung.Padaprosespengerjaansangatberhati-hatidalammenuliskanataumenggambarkaninformasiuntukmenghindarikesalahandalamprosespenyelesaianya.Profilsiswaimpulsifdalammenyelesaikanmasalahmengerjakandengancarayangkurangbervariasidalammengungkapkaninformasipadamasalahdanjugapadaprosespenyelesaian.Siswainicenderunglangsungmengerjakanpenyelesaiantanpamenuliskaninformasiyangterdapatpadamasalahmatematika.Prosesyangdilakukansepertiitumemberikancerminanbahwasiswainitanpaberpikirpanjangdantanpaberpikirlebihdetail.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Kimia
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:40
Last Modified: 17 Dec 2020 07:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item