Using role-play to improve eleventh graders' speaking skill / Dina Verdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Using role-play to improve eleventh graders' speaking skill / Dina Verdiana

Verdiana, Dina (2016) Using role-play to improve eleventh graders' speaking skill / Dina Verdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Verdiana Dina. 2016. Menggunakan Role Play Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Berbahasa Inggris Siswa XI MIA 2 SMAN 10 Malang. Skripsi. Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (1) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. (2) Dr. E. D.Laksmi M.Pd M.A. Kata kunci Kemampuan berbicara role-play Berdasarkan wawancara terhadap guru Bahasa Inggris SMAN 10 Malang dan studi awal ditemukan beberapa masalah pada siswa XI MIA 2. Masalah-masalah tersebut diantaranya adalah kemampuan berbicara siswa kurang bagus rata-rata nilai siswa hanya 64 04 sikap siswa terhadap berbicara menggunakan Bahasa Inggris buruk danpartisipasi mereka dalam proses belajar dan mengajar masih relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh cara mengajar guru yang cenderung monoton dan ketakutan siswa untuk membuat kesalahan selama berbicara menggunakan Bahasa Inggris . Role-play diajukan sebagai sebuah teknik untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa XI MIA 2.Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan bagaimana role-play dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa XI MIA 2 dari SMAN 10 Malang. Model pengimplementasian role-play yang digunakan dalam penelitian ini mencakup langkah-langkah berikut (1) menyiapkan siswa untuk dapat mengikuti proses pembelajaran dengan memberi pertanyaan yang berkaitan dengan gambar/video yang ditayangkan menggunakan LCD berdasarkan pengetahuan siswa yang terdahulu (2) mendiskusikan dan/atau meninjau ulang material (3) membagi siswa ke dalam grup-grup kecil (4) membagikan kartu situasi dan peran terhadap masing-masing grup (7) membimbing siswa dalam menulis naskah percakapan (8) meminta siswa berdiskusi dan membuat naskah sesuai situasi dan peran yang mereka dapatkan dalam grup (10) meminta siswa memeragakan naskah yang telah mereka buat dan (11) menyediakan umpan balik terhadap performa siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa role-play mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Peningkatan ini dapat dilihat melalui nilai rata-rata 64 04 selama studi awal yang meningkat menjadi 83 09 pada akhir penelitian. Selain itu nilai masing-masing siswa juga turut meningkat seiring dengan peningkatan nilai rata-rata tersebut. Kemudian juga ditemukan bahwa tingkat pasrtisipasi siswa meningkat dibuktikan dengan tidak ada lagi siswa yang pasif selama proses belajar dan mengajar. Selain itu siswa menunjukkan sikap dan sambutan yang positif terhadap implementasi role-play dalam mengajar kemampuan berbicara. Dengan kata lain role-play merupakan sebuah tehnik yang baik dalam mengajar kemampuan berbicara. Disarankan bagi guru XI MIA 2 ataupun guru yang menemukan permasalan serupa dengan XI MIA 2 untuk mengimplementasikan role-play dalam proses pembelajaran secara lebih sering karena role-play stelah terbukti sebagai tehnik yang baik untuk pembelajaran kemampuan berbicara. Bagi peneliti di masa mendatang penemuan dalam penelitian ini daat dijadikan sebagai acuan dalam implementasi role-play untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

View Item View Item