The implementation of video modeling to improve the speaking skill of tenth graders of SMA Negeri 1 Malang / Dessy Kusuma Vinahari - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of video modeling to improve the speaking skill of tenth graders of SMA Negeri 1 Malang / Dessy Kusuma Vinahari

Vinahari, Dessy Kusuma (2016) The implementation of video modeling to improve the speaking skill of tenth graders of SMA Negeri 1 Malang / Dessy Kusuma Vinahari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Vinahari Dessy Kusuma. 2014. Penerapan Video Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sepuluh di SMA Negeri 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Enny Irawati M.Pd Kata Kunci kemampuan berbicara video modeling siswa kelas sepuluh strategy Berbicara merupakan kemampuan produktif yang dibutuhkan saat berkomunikasi. Akan tetapi di SMAN 1 Malang murid kelas sepuluh memiliki masalah dalam berbicara karena dalam pelajaran mereka lebih fokus dalam menghadapi ujian nasional. Oleh karenanya siswa lebih baik dalam penguasaan kemampuan lainnya dibandingkan dengan kemampuan berbicara. Ketika siswa diharuskan berbicara dengan Bahasa Inggris mereka terkadang merasa gugup dan bingung. Untuk menghadapi masalah ini peneliti mendesain suatu strategi untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Strategi ini dinamakan video modeling. Video modeling adalah suatu cara dimana video digunakan sebagai model untuk menguasai kemampuan tertentu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas denga prosedur (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) reflesi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas lintas minat di SMAN 1 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan menyimak daftar observasi dan catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) ada peningkatan dalm nilai siswa. 83% siswa berhasil melewati standard kelulusan minimal (SKM) (2) ada respon yang bagus dari peserta didik perihal penggunaan Video Modeling dalam kegiatan berbicara (3) prosedur penggunaan Video Modeling adalah sebagai berikut (1) melihat video yang telah dipilih sebagai model (2) mengobservasi video (3) mendiskusikan hasil observasi (4) mepraktekan dengan mencontoh model dan (5) tampil di depan kelas. Kesimpulan yang diperoleh dari peneilitian ini adalah video modeling dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Ini dibuktikan dengan kenaikan nilai berbicara siswa. Selain itu dengan menerapkan video modeling peserta didik menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10555

Actions (login required)

View Item View Item