Penerapan pendekatan cooperative learning tipe student teams achievement division untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mulyoagung 04 / Khoirun Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan cooperative learning tipe student teams achievement division untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mulyoagung 04 / Khoirun Nisa'

Khoirun (2010) Penerapan pendekatan cooperative learning tipe student teams achievement division untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mulyoagung 04 / Khoirun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Khoirun. 2010. Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Mulyoagung 04. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Imron Rosyadi Sy S. Pd M. Pd (II) Dra. Harti Kartini M. Pd. Kata kunci Pembelajaran IPS Hasil Belajar Model STAD. Salah satu tujuan pembelajaran IPS di SD adalah agar siswa mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungan serta memiliki kemampuan berkomunikasi bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal yang dilakukan oleh peneliti terhadap pembelajaran IPS di kelas V SDN Mulyoagung 04 diperoleh informasi bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V masih rendah dengan rata-rata nilai 45 16 sementara untuk ketuntasan minimal ditetapkan 65. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar tersebut karena model pembelajaran yang digunakan masih terpusat pada aktivitas guru dan berorientasi pada buku teks sehingga penyerapan materi kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan model STAD. STAD merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat membantu dan melatih siswa bersosialisasi dalam kegiatan belajar melalui diskusi kelompok tutor sebaya dalam suasana belajar yang terbuka dan demokratis sehingga dapat memberikan pengalaman bagi siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan model guru sebagai peneliti. Setiap siklus terdiri dari perencanaan observasi dan tindakan refleksi dan perbaikan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Mulyoagung 04 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Untuk mengumpulkan data digunakan instrumen berupa lembar observasi pedoman wawancara soal-soal tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model STAD dalam pembelajaran IPS siswa ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan. Aktivitas siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang bertanya jawab siswa saling bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan sudah berani mengungkapkan pendapat. Pembahasan dalam penelitian ini mengenai hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setelah diterapkan model STAD. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa dari nilai pra tindakan dengan rata-rata 45 16 menjadi 59 5 pada siklus 1 (meningkat 16%). Hasil belajar pada siklus 2 juga mengalami peningkatan 11% dari siklus 1 dengan rata-rata 59 5 menjadi 75 31 pada siklus 2. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Mulyoagung 04. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakteristik siswanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105523

Actions (login required)

View Item View Item