Meningkatkan kemampuan menulis melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN Sutojayan 01 kecamatan Sutojayan kabupaten Blitar / Ika Bekti Tina Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menulis melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN Sutojayan 01 kecamatan Sutojayan kabupaten Blitar / Ika Bekti Tina Lestari

Ika Bekti Tina (2010) Meningkatkan kemampuan menulis melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN Sutojayan 01 kecamatan Sutojayan kabupaten Blitar / Ika Bekti Tina Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari Ika Bekti Tina. 2010. Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas V SDN Sutojayan 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Dra. Sri Nuryati M.Pd Kata kunci kemampuan menulis media audio visual. Penggunaan media pembelajaran yang tepat membantu siswa dalam menuangkan ide-ide pikiran dan perasaan secara logis dan sistematis dalam bentuk tertulis. Maka dari itu dilakukan penelitian yang mengangkat tentang meningkatkan kemampuan menulis melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN Sutojayan 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis dan hasil belajar menulis melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN Sutojayan 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Pelaksanaan pembelajaran menulis pada pratindakan dilakukan dengan cara mengingat kembali pengalaman yang pernah dilalui kemudian menuliskannya dalam bentuk karangan. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran menulis pada siklus I dan siklus II dilakukan dengan cara pemberian tugas kemudian mengamati tayangan film anak dilanjutkan menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk kerangka karangan dan pengembangan karangan dan dilanjutkan presentasi dan mengevaluasi tes kinerja siswa. Ternyata pelaksanaan pembelajaran menulis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Sutojayan 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Hasil belajar menulis pada pratindakan secara individual sebanyak 5 siswa atau 25 % dari jumlah siswa kelas V telah melakukan proses belajar secara tuntas dan sebanyak 15 siswa atau 75 % dari jumlah siswa kelas V belum tuntas belajar. Hasil belajar menulis siswa pada siklus I secara individual sebanyak 6 anak atau 30 % dari jumlah siswa kelas V telah melakukan proses belajar secara tuntas dan sebanyak 14 anak atau 70 % dari jumlah siswa kelas V belum tuntas belajar. Hasil belajar menulis siswa pada siklus II secara individual sebanyak 20 anak atau 100% dari jumlah siswa kelas V telah melakukan proses belajar secara tuntas dan tidak ada siswa kelas V belum tuntas belajar. Secara klasikal mereka ini sudah dapat dinyatakan tuntas belajar karena secara keseluruhan sudah lebih dari 80 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pembelajaran menulis melalui media audio visual pada siswa kelas V SDN Sutojayan 01 Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar menulis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105521

Actions (login required)

View Item View Item