Rahmadani, Diana Putri (2015) Children's language responses to English as elicited by teaching media in language-rich environment class at Laboratory Kindergarten UM / Diana Putri Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmadani D P. 2014. Respon Bahasa Anak terhadap Bahasa Inggris yang Diperoleh dari Media Pembelajaran pada Kelas Kaya Bahasa di TK Laboratorium UM. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Enny Irawati M.Pd. Keywords Media pembelajaran Respon bahasa anak Kelas kaya bahasa Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan respon bahasa anak terhadap bahasa Inggris yang diperoleh dari media pembelajaran pada kelas kaya bahasa di TK Laboratorium UM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan macam-macam respon bahasa anak terhadap bahasa Inggris yang timbul selama penggunaan media pembelajaran 2) mendeskripsikan macam-macam media pembelajaran yang menimbulkan respon bahasa anak terhadap bahasa Inggris. Penelitian ini adalah case study yang memfokuskan pada system tertentu di suatu grup tertentu dan bagaimana proses tersebut dilakukan. Pada khususnya penelitian ini difokuskan untuk menyelidiki respon bahasa anak terhadap bahasa Inggris selama penggunaan media pembelajaran. Selain itu kegunaan dari media pembelajaran yang menimbulkan respon bahasa anak juga dipelajari. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah rekaman video lembar observasi pedoman wawancara dan foto. Data yang diperoleh dari instrumen tersebut kemudian dipilih diklasifikasikan dikode dan dianalisis. Selanjutnya akan diperoleh kesimpulan berdasarkan data yang telah dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian respon bahasa anak yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran adalah penggunakan kata kalimat sederhana gerakan gerakan isyarat dan pandangan mata. Respon bahasa anak berupa kata dan kalimat sederhana dikategorikan dalam respon bahasa verbal. Kemudian respon bahasa berupa gerakan gerakan isyarat dan pandangan mata dikategorikan dalam respon bahasa nonverbal . Berdasarkan analisis kuantitatif diperoleh penggunaan realia menghasilkan respon bahasa anak tertinggi (202 respon). Kemudian diikuti dengan foto yang memperoleh 111 respon dan untuk boneka dan kartu abjad adalah 96 respon. Selain itu flashcard memperoleh 93 respon dari siswa. Yang terakhir permainan dan lagu media pembelajaran memperoleh 54 respon dari siswa. Berdasarkan hasil analisis data dan diskusi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa respon bahasa anak yang diperoleh dari media pembelajaran pada kelas kaya bahasa di TK Laboratorium UM paling banyak adalah berupa kata dan kalimat sederhana. Selain itu siswa juga menunjukkan respon bahasa terhadap bahasa Inggris melalui gerakan gerakan isyarat dan tatapan mata. Selanjutnya peneliti memberikan saran kepada guru untuk tetap mengembangkan teknik penggunaaan media pembelajaran dan juga keterampilan dalam komunikasi menggunakan bahasa Inggris untuk merangsang respon bahasa siswa. Peneliti juga memberikan saran kepada TK lain untuk membuat kelas kaya bahasa untuk membantu pebelajar usia dini dalam pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu saran untuk peneliti lain untuk meneliti aspek lain yang berperan dalam meningkatkan respon bahasa anak terhadap bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |