Meningkatkan penguasaan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui bermain pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum 01 Wonorejo Kabupaten Pasuruan / Helna Nuri Faridiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan penguasaan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui bermain pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum 01 Wonorejo Kabupaten Pasuruan / Helna Nuri Faridiah

Helna Nuri (2010) Meningkatkan penguasaan konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui bermain pada siswa kelas V MI Miftahul Ulum 01 Wonorejo Kabupaten Pasuruan / Helna Nuri Faridiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faridiah H N. 2009. Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Bermain pada Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum 01 Wonorejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (2) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd Kata Kunci Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat SD Bermain Berdasarkan observasi awal ditemukan permasalahan bahwa dari 21 siswa Kelas V MI. Miftahul Ulum 01 Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan ada 18 siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Untuk mengatasi hal itu perlu diadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan penguasaan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui cara bermain dan mendeskripsikan bermain yang dapat meningkatkan penguasaan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam bermain. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rincian pelaksanaan pre tes yang terdiri dari satu kali pertemuan siklus I tiga kali pertemuan siklus II tiga kali pertemuan siklus III satu kali pertemuan dan siklus IV satu kali pertemuan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dibagi dalam empat siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa putri kelas V MI. Miftahul Ulum 01 Lebaksari Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan Semester I tahun pelajaran 2009/ 2010.Instrumen penelitian ini meliputi pedoman observasi lembar evaluasi (tes) dan pedoman wawancara. Teknik yang dipakai adalah analisis data dan persentase. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 53 8 siklus II 67 61 dan siklus III meningkat menjadi 79 04. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa dalam Proses Belajar Mengajar guru sebaiknya menggunakan alat peraga atau media yang menarik dan bervariasi supaya pembelajaran berlangsung menyenangkan dan guru dapat mengkreasikan cara-cara yang mudah dan cepat dipahami siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105518

Actions (login required)

View Item View Item