Peningkatan hasil belajar menghitung luas bangun datar segitiga melalui penerapan pendekatan konstruktivitas pada siswa kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar / Balik Sholikhatus Sakina - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar menghitung luas bangun datar segitiga melalui penerapan pendekatan konstruktivitas pada siswa kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar / Balik Sholikhatus Sakina

Balik Sholikhatus (2010) Peningkatan hasil belajar menghitung luas bangun datar segitiga melalui penerapan pendekatan konstruktivitas pada siswa kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar / Balik Sholikhatus Sakina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sakina Balik. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Menghitung Luas Bangun Datar Segitiga Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Sarjana Kependidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Drs. Imam Hanafi M.M. Kata Kunci pendekatan konstruktivisme hasil belajar luas segitiga Proses pembelajaran matematika di SDN Jeblog yang selama ini digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan cara konvensional guru secara aktif memberikan informasi kepada siswa sedangkan partisipasi siswa selama proses pembelajaran tidak nampak. Kegiatan yang dilakukan oleh siswa hanya duduk dengar dan mencatat tugas. Penyampaian informasi yang diberikan kepada siswa secara abstrak. Hal ini menyebabkan rendahnya pemahaman siswa untuk mengusai konsep luas bangun datar segitiga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendiskripsikan penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran konsep luas bangun datar segitiga pada siswa kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar (2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun terkait dengan konsep luas segitiga setelah diberikan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jeblog Kecamatan Talun Blitar dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi (1) observasi (2) angket dan (3) dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Penerapan pendekatan konstruktivisme dengan materi luas bangun datar segitiga diimplementasikan dengan empat tahap yaitu tahap persepsi eksplorasi diskusi dan penjelasan konsep serta pengembangan dan aplikasi konsep. Penerapan pendekatan konstruktivisme ini digunakan untuk meningkatkan penilaian proses dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan penilaian proses selama kegiatan pembelajaran berlangsung dan peningkatan hasil belajar siswa. Penilaian proses dari siklus I 67 % dan siklus II 87 % hal ini menunjukkan peningkatan kualitas proses sebesar 20 %. Ketuntasan belajar pada siklus ke siklus II juga mengalami peningkatan dari 46 % menjadi 83 % hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 37 %. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah dalam penerapan pendekatan konstruktivisme hendaknya guru selalu menggali pengetahuan lama yang dimiliki siswa memanupilasi obyek mengajukan pertanyaan agar siswa lebih termotivasi untuk mengkontruksi pengetahuan baru baik secara individu maupun kelompok agar mereka dapat mengembangkan kreativitas dalam berfikir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105515

Actions (login required)

View Item View Item