Penggunaan media benda asli untuk meningkatkan hasil belajar bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri Selokgondang 02 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang / Idha Dwi Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media benda asli untuk meningkatkan hasil belajar bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri Selokgondang 02 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang / Idha Dwi Agustin

Idha Dwi (2010) Penggunaan media benda asli untuk meningkatkan hasil belajar bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri Selokgondang 02 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang / Idha Dwi Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustin Idha Dwi. 2009. Penggunaan Media Benda Asli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bagian-bagian Tumbuhan di Kelas IV SD Negeri Selokgondang 02 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Skripsi Prodi S1 PGSD Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sukamti M. Pd (II) Drs. A. Badawi S. Pd M. Pd Kata Kunci Benda asli Bagian Tumbuhan Hasil Belajar SD. Media benda asli ini dalam IPA dapat digunakan dalam pembelajaran materi bagian-bagian tumbuhan. Di SD Negeri Selokgondang 02 media benda asli khususnya pada materi bagian-bagian tumbuhan belum pernah dugunakan. Sedangkan dari data nilai siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan di tahun sebelumnya diketahui bahwa hasil yang diperoleh masih perlu ditingkatkan pada tahun ini agar hasil yang diperoleh menjadi lebih baik. Selain itu hasil penelitian menyebutkan bahawa penggunaan media benda kongkrit dapat meningkatkan hasil belajar sampai dengan 31%. Dengan keadaan ini maka perlu dilakukan penelitian tentang penggunaan media benda asli pada materi pokok bagian-bagian tumbuhan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran bagian-bagian tumbuhan dengan menggunakan benda asli (2) peningkatan keaktifan siswa (3) peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Selokgondang 02 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Jenis penelitian ini PTK dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Model siklus yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan wawancara dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara pedoman observasi desain pembelajaran dan soal tes untuk evaluasi pada setiap akhir pembelajaran di setiap siklusnya. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan pada setiap siklusnya melalui tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi dan (4) Analisis dan refleksi. Dalam melakukan penelitian ini peneliti dibantu oleh guru kelas yang bertindak sebagai partner. Hasil yang diperoleh selama melakukan penelitian adalah keakifan siswa mengalami peningkatan dari setiap siklus yang dilakukan.Sedangkan peningkatan hasil belajar pada siklus 1 mencapai 30 77% siklus 2 mencapai 37 04% siklus 3 mencapai 73 33% siklus 4 mencapai 72 41% dan siklus 5 mencapai 79 31%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar penggunaan benda asli dalam pembelajaran lebih ditingkatkan untuk materi lain yang memungkinkan siswa untuk terlibat langsung dengan suasana yang sebenarnya. Dengan demikian siswa tidak akan mudah lupa terhadap materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105514

Actions (login required)

View Item View Item