Peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di kelas II SDNU Bangil Kabupaten Pasuruan / Faridah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di kelas II SDNU Bangil Kabupaten Pasuruan / Faridah

UNSPECIFIED (2010) Peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di kelas II SDNU Bangil Kabupaten Pasuruan / Faridah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faridah 2009. Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Teks Bacaan Bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs .H Rumidjan M.Pd Pembimbing (2) Drs. Sumanto M.Pd. Kata kunci kemampuan memahami teks bacaan media gambar Sekolah Dasar. Menurut data dari guru diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata kelas pada pembelajaran membaca memahami bacaan masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang skornya adalah 70 dimana nilai rata-rata yang diperoleh di kelas tersebut adalah 60. Dari hasil kegiatan observasi dan wawancara pada guru Kelas II SDNU Bangil Pasuruan yang dilakukan oleh peneliti tampak bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek membaca dengan materi pokok teks pendek di SDNU Bangil Pasuruan siswa kurang mampu memahami teks bacaan yang disampaikan. Dari hasil identifikasi masalah di atas perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas belajar siswa pada materi pokok teks pendek yang dibelajarkan. Dalam proses belajar-mengajar guru masih sangat jarang menggunakan media pembelajaran berupa gambar khususnya media gambar diam. Untuk pembelajaran teks pendek guru menjadi sumber belajar tunggal siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang bersifat klasikal monoton tanpa ada media yang membuat siswa minimal tertarik untuk tahu kemudian bagaimana belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca teks bacaan dengan menggunakan media gambar diam di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan dengan digunakannya media gambar diam di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa memahami teks bacaan bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar di Kelas II SDNU Bangil Pasuruan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas II SDNU Bangil Pasuruan yang berjumlah 38 siswa. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara angket tes keaktifan siswa dan kemampuan guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan kemampuan siswa memahami teks bacaan. Kemampuan awal siswa memahami teks bacaan memiliki rata-rata 64 21. Setelah diberikan tindakan siklus I rata-rata kemampuan siswa memahami teks bacaan menjadi 72 37. Dari hasil pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan rata-rata 8 16. Dari hasil pelaksanaan siklus II rata-rata kemampuan siswa memahami teks bacaan meningkat menjadi 81 32. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 8 89. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca memahami teks bacaan dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami teks bacaan. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata-rata yang diperoleh antara lain (1) Sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 64 21 (2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan siswa membaca memahami teks bacaan mengalami peningkatan rata-rata 72 37 dengan persentase 12 71% (3) Selanjutnya dilakukan tindakan siklus II rata-rata kemampuan membaca teks bacaan pada siswa menjadi 81 32 dengan persentase kenaikan 12 37%. Saran yang diberikan kepada guru peneliti lanjut bagi lembaga dan Kepala Sekolah adalah (1) pengembangan penerapan memahami teks bacaan pada materi lain (2) pembuatan RPP dan melakukan pengelolaan kelas yang baik (3) penerapan membaca memahami teks bacaan dengan menggunakan gambar perlu dikembangkan lebih lanjut dan lebih bervariasi (4) dapat dijadikan sebagai dasar dalam penelitian lebih lanjut (5) sebagai bahan acuan dalam pengembangan penelitan (6) sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105513

Actions (login required)

View Item View Item