Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep pengukuran waktu di kelas III SDN Kaweron 02 Talun Blitar / Luluk Nur Hamidah Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep pengukuran waktu di kelas III SDN Kaweron 02 Talun Blitar / Luluk Nur Hamidah Ulfa

Luluk Nur Hamidah (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep pengukuran waktu di kelas III SDN Kaweron 02 Talun Blitar / Luluk Nur Hamidah Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfa Luluk. 2009. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Konsep Pengukuran Waktu di Kelas III SDN Kaweron 02 Talun Blitar. Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. HM. Zainudin M.Pd. (II) Dra. Wasih DS M.Pd. Kata kunci Pembelajaran kontekstual Konsep pengukuran waktu hasil belajar. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang erat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep yang benar terhadap matematika sangat diperlukan. Pengukuran waktu merupakan salah satu materi dalam matematika. Dalam menyelesaikan soal tentang pengukuran waktu siswa kelas III SDN Kaweron 02 mengalami kesulitan sehingga siswa tidak dapat mencapai SKM yang ditentukan. Karena itulah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk mencapai ketuntasan siswa dalam belajar sesuai dengan SKM yang ditetapkan dalan KTSP SDN Kaweron 02. Tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Penelitian dirancang dengan menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian dilakukan menurut tahap yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek peneliti berjumlah 30 siswa. Data yang diambil adalah data tentang hasil belajar siswa kemampuan bekerjasama dalam kelompok/keterlaksanaan learning community dalam pembelajaran kontekstual kegiatan mengajar guru dan respon siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tes dan angket. Teknik analisa data dilakukan setelah pelaksanaan tindakan pada setiap siklus. Analisa data merupakan proses menyeleksi menyederhanakan memfokuskan mengabstrasikan dan mengorganisasi data secara sistematik dan rasional untuk menyusun jawaban terhadap tujuan penelitian. Untuk hasil belajar digunakan SKM sebagai standar ketuntasan siswa dalam belajar. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I 40% dan siklus II 86 67%. Kemampuan bekerjasama dalam kelompok/keterlaksanaan learning community dalam pembelajaran kontekstual siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 33 3 % dan siklus II 93 3%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa tentang pengukuran waktu. Dari hasil penelitian tersebut diharapkan agar guru mencoba menerapkan pembelajaran kontekstual untuk membantu mengatasi kesulitan siswa menyelesaikan soal tentang pengukuran waktu sedangkan untuk peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitian ini dengan menerapkannya pada ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105512

Actions (login required)

View Item View Item