Penggunaan metode peta konsep untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada fiqih materi zakat di MI Darun Najah Pagak Beji Pasuruan / Farid Wajdi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode peta konsep untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada fiqih materi zakat di MI Darun Najah Pagak Beji Pasuruan / Farid Wajdi

Farid (2010) Penggunaan metode peta konsep untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada fiqih materi zakat di MI Darun Najah Pagak Beji Pasuruan / Farid Wajdi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wajdi Farid.2009. Penggunaan Metode Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV pada Fiqih Materi Zakat di MI Darun Najah Pagak Beji Pasuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) DR. Sa dun Akbar M.Pd (2) Drs. H.M. Thoha AR S.Pd M.Pd Kata kunci Metode Peta Konsep Prestasi Belajar Fiqih Madrasah Ibtidayyah Darun Najah Pagak adalah salah satu madarasah swata yang terletak di Desa Pagak Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan observasi di kelas IV dan wawancara terhadap guru kelas dan kepala sekolah diketahui bahwa terdapat permasalahan yang cukup kompleks pada pembelajaran Fiqih di kelas tersebut. Secara umum permasalahan tersebut dapat diidentifikasi yaitu rendahnya aktivitas belajar dan kemampuan berpikir siswa terhadap mata pelajaran Fiqih yang pada berimbas pada prestasi belajar siswa yang rendah pula. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menangani masalah-masalah tersebut dengan menggunakan metode Peta Konsep melalui penelitian tindakan kelas (PTK) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil penggunaan metode peta konsep pada mata pelajaran fiqih materi zakat untuk bagaimana metode ini dapat meningkatkan prestasi belajar disamping aktivitas dan kemampuan belajar dan apakah metode ini dapat meningkatkan prestasi belajar disamping aktivitas dan kemampuan belajar bagi siswa kelas IV MI Darun Najah Pagak Beji Pasuruan .. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan mulai Agustus Desember 2009 dengan pelaksanaan tindakan kelas pada Agustus- Nopember 2009. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat fase yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Darun Najah Pagak Beji yang terdiri dari 37 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Peta konsep pada pembelajaran Fiqih Materi Zakat prestasi belajar meningkat 56 57 menjadi 65 8 aktivitas belajar meningkat dari 54 2 % menjadi 87 5% dan kemampuan berpikir meningkat dari47 25% menjadi 68 60% pada mata pelajaran Fiqih Materi Zakat bagi siswa kelas IV MI Darun Najah Pagak Beji. Berdasarkan hasil penelitian disarankan pada guru agar pada pembelajaran Fiqih menggunakan tidak saja peta konsep tetapi juga menggunakan metode metode bervariasiyang dapat meningkatkan prestasi belajar disamping aktivitas belajar dan kemampuan berfikir siswa serta memberikan sisa kesempatan untuk memunculkan pernyataan pendapat maupun pertanyaan untuk memacuproses kreatifitas siswa dan kemampuan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105511

Actions (login required)

View Item View Item