Hermansyah, Alfian Bagus (2015) Using picture sequences to improve the narrative text writing of the eight graders of SMP Negeri 2 Mojokerto / Alfian Bagus Hermansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hermansyah Alfian Bagus 2014. Improving Students Writing Narrative Texts in the Eighth Grade by Using Picture Sequences. Thesis Under Graduate Program in English Language Education State University of Malang. Advisor Dr. E.D. Laksmi M.Pd. M.A. Kata Kunci kemampuan menulis gambar berurutan teks narative Berdasarkan hasil dari penelitian awal dengan memberikan kuesioner dan mewawancari guru kelas yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya diketahui bahwa siswa kelas VIII G SMPN 2 Mojokerto mempunyai beberapa masalah dalam menulis. Pertama para siswa tidak bisa menemukan gagasan. Kedua para siswa tidak bisa mengembangkan gagasan. Ketiga para siswa tidak bisa menyusun gagasan-gagasan tersebut dengan baik. Masalah-masalah inilah yang membuat para siswa mengalami kesulitan dalam menulis. Maka dari itu peneliti mengadakan sebuah penelitian dan mengusulkan gambar berurutan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Peneliti menggunakan gambar berurutan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Gambar berurutan adalah beberapa gambar yang tersusun secara berurutan. Gambar berurutan membantu siswa untuk menemukan mengembangkan dan menyusun gagasan-gagasan mereka dengan baik dan benar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan mengikuti empat langkah penelitian yaitu perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan 1 tahapan yang terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII G di SMPN 2 Mojokerto pada semester genap tahun akademik 2013/2014. Ada tiga puluh empat siswa dalam kelas tersebut. Peneliti menggunakan empat macam instrument penelitian yaitu pedoman wawancara kuesioner observation checklist dan catatan lapangan. Setelah menerapkan gambar berurutan dalam kelas menulis bisa disimpulkan bahwa gambar berurutan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks narative. Hal itu terbukti dengan 85% atau 29 dari 34 nilai siswa yang bisa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 setelah menggunakan media ini. Ada beberapa langkah mengajar dalam menggunakan gambar berurutan. Pertama peneliti memberikan contoh teks naratif yang dibuat menggunakan gambar berurutan. Kedua peneliti menyuruh siswa untuk mengamati gambar. Ketiga peneliti menyuruh para siswa membuat kerangka berdasarkan gambar tersebut. Keempat para siswa mengembangkannya menjadi sebuah paragraf. Siswa juga menyukai penggunaan gambar berurutan ini dalam kegiatan belajar mengajar. Para siswa tertarik untuk membuat sebuah teks narative dengan menggunakan gambar berurutan. Berdasarkan dari penemuan ini guru bahasa Inggris diharapkan untuk mengadopsi gambar berurutan ini. Para guru juga disarankan untuk menggunakan gambar berurutan ini dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti berharap agar peneliti yang selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan berbagai macam media lainya untuk memberikan tambahan rujukan dalam kegiatan belajar mengajar. Peneliti yang selanjutnya juga disarankan untuk menggunakan gambar berurutan pada jenis teks yang lainnya seperti teks recount dan teks prosedure.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |