Meningkatkan kemampuan menulis pengalaman melalui proses menulis siswa kelas V di SD Kepanjenkidul 1 Kota Blitar / Siti Mubayanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan menulis pengalaman melalui proses menulis siswa kelas V di SD Kepanjenkidul 1 Kota Blitar / Siti Mubayanah

Siti (2010) Meningkatkan kemampuan menulis pengalaman melalui proses menulis siswa kelas V di SD Kepanjenkidul 1 Kota Blitar / Siti Mubayanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mubayanah Siti. 2009. Meningkatkan Kemampuan Menulis Pengalaman Siswa Kelas V Melalui Proses Menulis Di SDN Kepanjenkidul 1 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis menulis pengalaman proses menulis. Proses menulis merupakan salah satu teknik pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam pengembangan menulis karangan. Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan menulis karangan maka dilakukan dengan penerapan proses menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa dalam pengembangan menulis karangan melalui proses menulis siswa kelas V Sekolah Dasar. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat digunakan oleh para guru membantu dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah yaitu pada meteri pokok pengembangan menulis pengalaman. Penelitian ini dilakukan di SDN Kepanjenkidul 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar tanggal 23 Nopember 2009 sampai 6 Januari 2010. Rancangan penelitian yaitu dilakukan melalui tahap siklus. Di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tahap siklus terlebih dahulu dilakukan studi pendahuluan yaitu melalui pra tindakan sebagai awal identifikasi masalah. Analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Model Bagan Alur Penelitian Tindakan Kelas) Penelitian Tindakan Kelas ini termasuk penelitian kualitatif meskipun data yang dikumpulkan bias bersifat kuantitatif dimana uraiannya bersifat diskriptif dalam bentuk kata-kata. Bentuk Penelitian Tindakan Kelas ini bersifat kolaboratif dimana penulis bertindak sebagai pengamat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada saat pratindakan dan saat tahap siklus penulis sebagai guru dalam pembelajaran dan guru kelas V sebagai pengamat terhadap kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian yang dilakukan selama dua siklus pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan menulis karangan secara bertahap pada pra tindakan(40 00%) siklus I (72 50%) dan siklus II (100%). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan belajar pada setiap pelaksanaan siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan dua siklus kepada siswa kelas V yang berjumlah 40 siswa maka peneliti menyimpulkan bahwa penerapan proses menulis dalam pengembangan menulis pengalaman melalui lima tahap proses menulis yaitu prapenulisan penulisan pascapenulisan (penyutingan dan perbaikan) dan publikasi dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa lebih terstruktur bagi siswa kelas V SDN Kepanjenkidul 1 Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar Tahun Pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105509

Actions (login required)

View Item View Item