Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan media gambar ilustrasi dan foto siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran Pasuruan / Makhidah Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan media gambar ilustrasi dan foto siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran Pasuruan / Makhidah Susanti

Makhidah (2010) Meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui penggunaan media gambar ilustrasi dan foto siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran Pasuruan / Makhidah Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Makhidah. 2009. Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Penggunaan Media Gambar Ilustrasi dan foto Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran Pasuruan. Skripsi Program Studi PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Drs. H. Rumidjan M.Pd. Kata Kunci Menulis Deskripsi Media Gambar Foto MI Kelas IV. Standart Kompetensi pembelajaran MI menyebutkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam berbahasa Indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulisan serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya sastra manusia Indonesia. Salah satu cara meningkatkan keterampilan menulis adalah melalui pembelajaran menulis deskripsi menggunakan media gambar. Faktor minimnya keterampilan siswa dalam menulis deskripsi di MI adalah kurangnya kemampuan dalam memilih diksi yang tepat serta penggunaan tata bahasa yang kurang sesuai. Dari hasil pengamatan awal siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis deskripsi adalah 60 %. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran dengan menggunakan media gambar (2) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran menggunakan media gambar (3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran dengan menggunakan media gambar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitiannya semua siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran Pasuruan sebanyak 15 siswa. Pengumpulan data tentang keterampilan menulis deskripsi dengan catatan lapangan pengamatan wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Pembelajaran menulis deskripsi di kelas IV MI Miftahul Ulum Bandaran Winongan Pasuruan dirumuskan dengan memperhatikan aspek materi yang akan diajarkan kesesuaian media metode yang digunakan sumber pembelajaran yang tepat serta perumusan kegiatan pembelajaran yang kondusif yang bersifat student centris dan penilaian yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan (2) Dalam implementasi pembelajaran menulis deskripsi tempat dapat digunakan media gambar ilustrasi dan foto pemandangan dan tempat untuk mempermudah dalam mendeskripsikan dengan cara mengamati gambar menyebutkan isi gambar membuat kalimat tentang gambar dan menceritakan gambar melalui paragraf dan (3) Hasil dari pembelajaran menulis deskripsi tempat ini mengalami peningkatan rata-rata 12 % dengan pemanfaatan media gambar ilustrasi dan foto tempat. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan dalam perencaan pembelajaran deskripsi melalui media gambar dibuat sesuai dengan langkah-langkah dalam menulis deskripsi yaitu menentukan hal yang akan dideskripsikan melakukan pengamatan pengungkapan ide sesuai dengan media gambar dengan menggunakan diksi yang sesuai dan pencitraan indera. Hasil yang diukur didasarkan pada aspek isi dan tata bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105508

Actions (login required)

View Item View Item