Wahyunianto, Dian (2014) Using pictorial cards to enhance speaking skill of the tenth grade students of SMAN 5 Kediri / Dian Wahyunianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wahyunianto D. 2012. Using Pictorial Cards to Enhance Speaking Skill of Tenth Grade Students of SMAN 5 Kediri. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Fachrurrazy M.A. Ph.D. Kata Kunci berbicara kartu bergambar SMA Dalam proses pengajaran kemampuan berbicara kurang mendapatkan perhatian lebih. Seorang guru cenderung mengajar membaca dan mendengarkan sedangkan berbicara dan menulis menjadi nomor dua. Berdasarkan hasil awal diketahui bahwa siswa X.3 di SMAN 5 Kediri mempunyai masalah dalam berbicara. Beberapa permasalahan yang muncul disebabkan oleh kurangnya pengajaran berbicara di dalam kelas. Selain itu siswa juga kurang mampu mengembangkan gagasan dalam berbicara. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penggunaan kartu bergambar sebagai media pembelajaran diberikan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Rancangan penilitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan obervasi atau pengamatan serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Kediri dengan melibatkan 30 siswa dari X.3 semester 2 tahun ajaran 2013/2014 sebagai subyek penelitian. Peneliti merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menyiapkan materi dan instrumen menentukan kriteria kesuksesan menyiapkan media serta menilai penampilan siswa dalam kelas. Temuan temuan dalam proses penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu bergambar sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dinilai berhasil. Hal ini ditunjukkan oleh hasil nilai dari penampilan siswa dimana 86.2% siswa mampu mencapai nilai lebih dari sama dengan SKM atau Standar Kelulusan Minimal yang diberikan oleh peneliti. Selain itu pada angket yang diberikan kepada siswa menunjukkan bahwa 92% siswa menganggap kegiatan belajar mengajar menggunakan kartu bergambar sebagai media pembalajaran sangatlah menyenangkan. Pada penampilannya siswa dapat menyebutkan 6 bahkan lebih ciri-ciri binatang. Sedangkan pada awal sebelum dilakukan penelitian siswa hanya dapat menyebutkan 2 sampai 4 ciri-ciri binatang saja. Kartu bergambar dapat membantu siswa dalam mengembangkan gagasan mereka karena terdapat gambar di dalamnya. Siswa juga mampu mengikuti proses belajar mengajar dengan baik serta mengikuti kegiatan yang diberikan oleh peneliti. Dai hasil penelitian peneliti menyarankan guru Bahasa Inggris untuk menggunakan kartu bergambar sebagai media untuk kegiatan dalam kelas terutama pada kegiatan berbicara. Serta para penliti juga diharapkan untuk melaksanakan penelitian dengan menyesuaikan level dan teknik serta tempat yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |