Implementing indirect corrective feedback strategy to improve the ability of 8th grade students of Junior High School 20 Malang in writing recount text / Indri Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementing indirect corrective feedback strategy to improve the ability of 8th grade students of Junior High School 20 Malang in writing recount text / Indri Wijaya

Wijaya, Indri (2014) Implementing indirect corrective feedback strategy to improve the ability of 8th grade students of Junior High School 20 Malang in writing recount text / Indri Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijaya Indri. 2014. Implementing Indirect Corrective Feedback Strategy to Improve the Ability of 8th Grade Students of Junior High School 20 Malang in Writing Recount Text. Undergraduate Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisor Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D Kata Kunci menulis indirect corrective feedback strategy 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil dari penelitian awal diketahui bahwa siswa kelas VIII C di SMPN 20 Malang memiliki beberapa masalah dalam menulis terutama teks recount. Masalah-masalah tersebut meliputi ketidakmampuan siswa dalam menggunakan tata bahasa yang tepat dan ketidakmampuan siswa dalam mendeteksi kesalahan dalam teks yang mereka buat. Terlebih lagi siswa tidak pernah diberi kesempatan untuk merevisi pekerjaan mereka. Oleh karena itu peneliti mengadakan sebuah penelitian untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Strategi Indirect Corrective Feedback diajukan oleh peneliti untuk menyelesaian masalah yang dihadapai oleh siswa kelas VIII C di SMPN 20 Malang. Strategi ini dipilih karena memiliki beberapa kelebihan yang menguntungkan bagi siswa. Dengan menggunakan Indirect corrective feedback siswa dilatih untuk mendeteksi kesalahan dalam tulisan mereka serta mengoreksi kesalahan tersebut. Pada siklus pertama peneliti memberikan indirect corrective feedback pada pekerjaan siswa. Pada siklus kedua strategi ini menggunakan indirect corrective feedback dari rekan sebaya. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Empat langkah yang dilakukan dalam PTK yaitu meliputi perencanaan penerapan observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII C di SMPN 20 Malang dengan 33 siswa yang dilibatkan. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2013/2014. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar peer- and self-assessment lembar pengamatan dan kuesioner. Guru bahasa Inggris membantu peneliti dan berperan sebagai pengamat. Peneliti juga dibantu dalam hal merevisi rencana pembelajaran dan diberi arahan dalam cara mengajar di kelas tersebut. 12288 12288 12288 12288 Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ICF dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa terutama teks recount. Hal itu terbukti dari nilai siswa yang terus meningkat dan bisa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) . Siswa juga terlibat aktif dalam proses belajar mengajar yang menunjukkan bahwa siswa mempunyai respons yang baik pada penerapan strategi ini. Di akhir penelitian siswa sudah bisa mengurangi kesalahan yang terdapat dalam teks yang mereka buat dengan cara mendeteksi dan mengoreksi kesalahan yang ada serta merevisinya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan peneilitian disarankan pada guru bahasa Inggris untuk menggunakan strategi ini dalam proses belajar mengajar terutama menulis. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk membuat penelitian lain membandingkan direct corrective feedback dengan indirect corrective feedback.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item