Analysis of the implementation of quantum teaching and learning in the lesson plans provided in four English learning websites for young EFL learners / Indra Pramesti

Pramesti, Indra (2014) Analysis of the implementation of quantum teaching and learning in the lesson plans provided in four English learning websites for young EFL learners / Indra Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramesti, Indra, 2014. Analisis Penerapan Quantum Teaching and Learning pada Lesson Plan di Empat Website Pengajaran Bahasa Inggris untuk Pelajar Usia Dini. Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Francisca Maria Ivone, MA, Ph.D Kata Kunci: Quantum Teaching and Learning (QTL), Website Pengajaran Bahasa Inggris, Pelajar Usia Dini Di Indonesia, Guru Bahasa Inggris usia dini yang ingin mengembangkan pelajaran yang baik, seringkali mendapat hambatan, diantaranya ukuran kelas yang besar, materi pengajaran yang kurang, fasilitas yang kurang mendukung, serta siswa yang kurang termotivasi mengikuti pelajaran. Metode pembelajaran Quantum hadir sebagai metode pembelajaran yang cukup menjanjikan untuk dilaksanakan di kelas. Konsep dari QTL adalah membawa dunia guru ke dunia siswa dengan melaksanakan proses belajar yang menyenangkan. Internet menyediakan berbagai macam website pengajaran Bahasa Inggris yang menawarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan ide mengajar yang mengusung konsep pendekatan QTL. Sumber pengajaran ini sangat membantu guru Bahasa Inggris untuk menciptakan aktivitas belajar mengajar di dalam kelas. Namun, evaluasi mengenai penggunaan pendekatan QTL pada material ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana metode ini diterapkan, serta apa saja yang diperlukan untuk membantu penggunaan material ini secara efektif di dalam kelas. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti memberi definisi tentang QTL, mengevaluasi website pembelajaran Bahasa Unggris, mendaftar dan mengevaluasi RPP untuk mengetahui bagaimana QTL ditunjukkan pada RPP. Untuk mempertahankan reliabilitas penelitian, peneliti melaksanakan wawancara dengan guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar yang telah ditentukan. Guru juga terlibat dalam proses evaluasi RPP. Peneliti mendiskusikan temuan dari evaluasi dan menghubungkannya dengan kondisi nyata proses belajar-mengajar dalam kelas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa QTL dapat diterapkan dalam kelas jika guru berpaku pada 6 langkah strategi pengembangan QTL oleh DePorter, yakni; (1) tumbuhkan, (2) alami, (3) namai, (4) demonstrasikan, (5) ulangi, dan (6) rayakan. Keenam langkah ini cocok dengan penyajian rencana pembelajaran yang disarankan Kurikulum 2013. Penelitian ini berguna bagi guru dalam menciptakan rencana pembelajaran dengan mengusungkonsep pendekatan QTL, sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam menerima pelajaran. Di masa depan, peneliti lainnya dapat mengeksplor representasi dari pendekatan lainnya di website pengajaran Bahasa Inggris dan dapat menganalisa RPP berbasis pendekatan QTL yang ditawarkan pada website-website ini pada kelas sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item