Using scientific approach to improve the speaking performance and participation of the tenth grade students at SMK Negeri 12 Malang / Bramy Biantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Using scientific approach to improve the speaking performance and participation of the tenth grade students at SMK Negeri 12 Malang / Bramy Biantoro

Biantoro, Bramy (2014) Using scientific approach to improve the speaking performance and participation of the tenth grade students at SMK Negeri 12 Malang / Bramy Biantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Biantoro Bramy. 2014. Using Scientific Approach to Improve the Speaking Performance and Participation of the Tenth Grade Students at SMK Negeri 12 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Gunadi H. Sulistyo M.A. Key words kemampuan komunikasi partisipasi dalam berkomunikasi pendekatan saintifik teknik STAD Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan di kelas Speaking serta meningkatkan kemampuan dan partisipasi dalam berkomunikasi menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa kelas kelas sepuluh di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 12 Malang. Berdasarkan hasil dari penelitian pendahuluan dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki masalah terkait cara menyampaikan kalimat-kalimat yang baik dan berpartisipasi secara aktif di kelas Speaking. Masalah-masalah yang terkait dengan kemampuan berkomunikasi contohnya ketidakmampuan siswa untuk membentuk proses berfikir dalam merumuskan kalimat yang akan disampaikan dan sedikitnya paparan bahasa Inggris kontekstual di kehidupan sehari-hari sebagai dasar untuk memahami topik pembelajaran. Terlebih lagi siswa hanya memiliki sedikit persiapan untuk memproses materi awal atau hanya menerima sedikit penjelasan dan tugas-tugas untuk kegiatan pemahaman. Di kelas Speaking hanya sedikit siswa yang mau berpartisipasi sedangkan yang lain hanya bersikap pasif. Siswa hanya merespon jika ditunjuk oleh guru tetapi mereka akan cenderung merasa gugup dan malas untuk menjawab. Bahkan ketika ada beberapa siswa yang mampu berkumonikasi dengan baik siswa yang lain malah cenderung mengejek mereka. Jadi untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti merumuskan cara untuk meningkatkan kemampuan dan partisipasi siswa dalam berkomunikasi di kelas Speaking menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tinkakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas serta pengamat lain. subjek penelitiannya adalah siswa kelas sepuluh Multimedia 3 yang tengah belajar di semester kedua. Focus dari penelitian ini adalah pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran dalam pendekatan saintifik yang dilengkapi dengan teknik STAD untuk meningkatkan aspek komunikatif dari pendekatan saintifik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan proses berfikir siswa menyediakan lebih banyak paparan terhadap penggunaan bahasa Inggris di konteks keseharian dan mengatasi masalah kegugupan dan minimnya motivasi siswa. Sementara langkah-langkah dasar pembelajarn pada pendekatan saintifik adalah mengamati menanya menalar mencoba dan meengkomunikasikan. Selanjutnya penelitian ini dilaksanakan dalam satu cycle yang terdiri dari empat pertemuan yang meliputi proses seperti perencanaan pelaksanaan pengamatan dan analisis data. Untuk proses pengamatan beberapa instrument pengamatan seperti rubrik kemampuan dan partisipasi siswa kuesioner interview observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan partisipasi mereka di kelas Speaking. Data akhir menunjukkan bahwa seluruh kriteria sukses telah tercapai lebih dari 70% siswa dapat dikategorikan baik (mendapatkan nilai Speaking minimum 75) dan lebih dari 75% siswa dapat dikategorikan sebagai siswa aktif . Di pertemuan ketiga diketahui bahwa 24% (8 siswa) dikategorikan sedang 63% (21 siswa) dikategorikan baik dan 12% (4 siswa) dikategorikan sangat baik . Selanjutnya berdasarkan hasil kuesioner siswa merasa lebih menikmati proses pembelajaran dan merasa tidak gugup di kelas Speaking. Diskusi kelompok juga dirasa mampu mendorong siswa untuk melakukan pengajaran teman-sebaya untuk meningkatkan paparan dan kesempatan dalam berkomunikasi di kelas Speaking. Jadi penggunaan langkah-langkah pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan partisipasi siswa di kelas Speaking secara sinifikan. Sebagai tambahan ada beberapa aspek yang perlu dicermati di pelaksaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik kedepannya seperti tingkat kemampuan dasar siswa peran guru dalam pembelajaran dan pendistribusian waktu untuk setiap langkah di pendekatan saintifik. Guru juga disarankan untuk merancang kegiatan pembelajaran yang lebih menarik meningkatkan porsi persiapan saat mendesain rencana pembelajaran menggunakan kegiatan Speaking yang lebih interaktif sebagai pelengkap dan menyediakan guru tambahan jika diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas Speaking menggunakan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item