A study on Ganesha YESC (Youth English Study Club) as an extracurricular program at SMA N 1 Ponorogo / Nurrahma Sutisna Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

A study on Ganesha YESC (Youth English Study Club) as an extracurricular program at SMA N 1 Ponorogo / Nurrahma Sutisna Putri

Putri, Nurrahma Sutisna (2013) A study on Ganesha YESC (Youth English Study Club) as an extracurricular program at SMA N 1 Ponorogo / Nurrahma Sutisna Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci GANESHA YESC extracurricular program Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan GANESHA YESC sebagai program ekstrakurikuler di SMA N 1 Ponorogo yang meliputi struktur organisasi kegiatan dan pendapat siswa mengenai GANESHA YESC. Penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah GANESHA YESC sebagai program ekstrakurikuler wajib di SMA N 1 Ponorogo. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X XI dan XII yang merupakan anggota GANESHA YESC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) struktur organisasi GANESHA YESC terdiri dari beberapa administrator sekolah dan pengurus. Mereka adalah kepala SMA N 1 Ponorogo wakil kepala sekolah bidang kesiswaan lima guru Bahasa Inggris yang menjabat sebagai penasihat dan ketua OSIS SMA N 1 Ponorogo. Pengurus GANESHA YESC terdiri dari pengurus inti dan divisi. Pengurus inti terdiri dari ketua wakil ketua sekretaris I dan II dan bendahara I and II. Sedangkan pengurus divisi mengampu IPO (Intern Puzzle Olympiad) BYESC (YESC Bulletin) VocaBoard EDS (English Debating Society) dan Wall-chart dan pada akhir bagan struktur organisasi terdapat dua humas yang bertindak sebagai koordinator (3) GANESHA YESC memiliki sembilan kegiatan yang dilaksanakan oleh kedua pengurus yakni ETP (Education and Training Program) E-Movie (English Movie) Meet and Greet with Native Speaker ShareMot (Sharing and Motivation) E.T. (English Tour) Farewell Meeting E.C. (English Camp) Regeneration dan Weekly Training. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dimiliki GANESHA YESC bervariasi sebagai upaya memfasilitasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris (3) dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa siswa mengetahui posisi mereka sebagai anggota GANESHA YESC siswa kurang menyukai kegiatan GANESHA YESC siswa selalu mengikuti kegiatan GANESHA YESC siswa menganggap kemampuan Bahasa Inggris mereka meningkat dengan mengikuti kegiatan GANESHA YESC dan hal lain yang perlu dipertimbangkan untuk kemajuan GANESHA YESC. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan agar Kepala SMA 1 Ponorogo mengkaji ulang kebijakan GANESHA YESC sebagai program ekstrakurikuler wajib. Untuk guru Bahasa Inggris SMA 1 Ponorogo diharapkan agar menggunakan metode pengajaran yang menyenangkan dalam Weekly Training. Bagi peneliti yang tertarik dengan penelitian mengenai program ekstrakurikuler wajib diharapkan mengkaji evaluasi yang digunakan guru dalam program ekstrakurikuler wajib.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10544

Actions (login required)

View Item View Item