Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Negeri Beji Pasuruan / Labibah Maftuhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Negeri Beji Pasuruan / Labibah Maftuhah

Labibah (2010) Penerapan model quantum teaching untuk meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar IPA siswa kelas III MI Negeri Beji Pasuruan / Labibah Maftuhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas III MI Negeri Beji Pasuruan diketahui bahwa dalam proses pembelajaran siswa kurang memiliki motifasi belajar keaktifan dalam pembelajaran dan hasil belajar yang rendah. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku siswa yang kurang bersemangat dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran serta sebagian besar hasil belajar siswa yang dibawah SKM (75). Keadaan inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menerapkan model Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR (Tumbuhkan Alami Namai Demonstrasikan Ulangi dan Rayakan) sebagai usaha untuk meningkatkan motivasi keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas proses pembelanjaran quantum peningkatan motivasi keaktifan dan hasil belajar IPA siswa kelas III MIN Beji Pasuruan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berbentuk tindakan kelas dan dirancang dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning) pelaksanaan tindakan (action) pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Beji Pasuruan yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data diperoleh melalui angket motivasi belajar siswa lembar observasi kegiatan siswa selama proses pembelajaran dan tes. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi keaktifan dan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan angket motivasi pada siklus I motivasi belajar siswa adalah 50 1 (83%) maka dikategorikan sangat baik. Pada siklus II motivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 54 7 (92%) dengan kategori sangat baik. Keaktifan siswa pada siklus I adalah 40 6 (68%) dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 47 9 (80%) dengan kategori baik. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai skor 77 7 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80 8. Secara klasikal pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas belajarnya mencapai 61% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi keaktifan dan hasil belajar IPA siswa. Oleh karena itu disarankan bagi guru mata pelajaran IPA dapat menerapkan model Quantum Teaching untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dan bagi peneliti yang lain dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam pengembangan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/105401

Actions (login required)

View Item View Item