IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR KREATIF SISWA TINGKAT SMP YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, ATAU KINESTETIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA - Repositori Universitas Negeri Malang

IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR KREATIF SISWA TINGKAT SMP YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, ATAU KINESTETIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

DEWI, FITRI KUMALA (2019) IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR KREATIF SISWA TINGKAT SMP YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, ATAU KINESTETIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berpikirkreatifmerupakankemampuanyangmenjadisalahsatutujuanpembelajarandanpendidikanmatematika.Berpikirkreatifdalammatematikamencakupbanyakaktivitassalahsatunyadalampemecahanmasalah.AdapuntahapanberpikirkreatifyangdigunakandalampenelitianiniadalahtahapanyangdikembangkanSiswonodanBudayasayaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Namunkemampuanberpikirkreatifsiswaberbeda-bedahalinidisebabkanolehbanyakfaktoryangsalahsatunyaadalahgayabelajar.Gayabelajarmerupakansuatuteknikyangdilakukansiswadalammendapatkandanmengkomunikasikaninformasi.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengidentifikasitahapberpikirkreatifsiswatingkatSMPyangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikdalammemecahkanmasalahmatematika.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.InstrumenyangdigunakanterdiridariangketgayabelejaryangdiadaptasidaridariVAKLearningStylesSelf-AssessmentQuestionnairetespemecahanmasalahdanpedomanwawancara.Tesdanwawancaradilakukankepadasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetik.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikmemenuhiempattahapanyaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Padatahapmensintesisidesaattelahmembacamasalahsiswayangmemilikigayabelajarvisualdankinestetiklangsungdapatmemahamidanmengidentifikasiinformasipadamasalah.Sedangkansiswayangmemilikigayabelajarauditorialharusmembacamasalahsecaraberulangkaliterlebihdahulu.Walaudemikiansiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetikmampumenjelaskankembaliinformasiyangterdapatpadamasalah.Sertasubjekmengetahuipengetahuanrelevanyangdigunakanuntukmemecahkanmasalahyangdiberikan.Padatahapmembangunidesemuasubjekmembacakembalimasalahyangdiberikansetelahitumembuatilustrasigambarberdasarkaninformasiyangdidapatdarimasalah.Salahsatusiswadengangayabelajarvisualdanauditorialmengilustrasikangambardenganmenambahkaninformasibaruyangakandigunakandalammemecahkanmasalah.Informasitersebutdidapatsiswaberdasarkanpengetahuanyangdimilikisebelumnya.Sedangkansiswadengangayabelajarkinestetikhanyamemanfaatkaninformasiyangadadalammasalahsaatmengilustrasikangambar.Padatahapmerencanakanpenerapansemuasubjekdapatmenyusunstrategipemecahanmasalahberdasarkaninformasiyangdiberikanmasalahmaupuninformasitambahanyangdianggappenting.Danidepenyelesaianyangdipakaiialahrumusluaspersegipanjangdanluassegitiga.Padatahapmenerapkanidesemuasubjekmampumenerapkanstrategiyangdisusunsebelumnyahinggamenemukansolusiyangdiinginkanpadamasalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:28
Last Modified: 17 Dec 2020 07:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item