DEWI, FITRI KUMALA (2019) IDENTIFIKASI TAHAP BERPIKIR KREATIF SISWA TINGKAT SMP YANG MEMILIKI GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, ATAU KINESTETIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Berpikirkreatifmerupakankemampuanyangmenjadisalahsatutujuanpembelajarandanpendidikanmatematika.Berpikirkreatifdalammatematikamencakupbanyakaktivitassalahsatunyadalampemecahanmasalah.AdapuntahapanberpikirkreatifyangdigunakandalampenelitianiniadalahtahapanyangdikembangkanSiswonodanBudayasayaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Namunkemampuanberpikirkreatifsiswaberbeda-bedahalinidisebabkanolehbanyakfaktoryangsalahsatunyaadalahgayabelajar.Gayabelajarmerupakansuatuteknikyangdilakukansiswadalammendapatkandanmengkomunikasikaninformasi.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengidentifikasitahapberpikirkreatifsiswatingkatSMPyangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikdalammemecahkanmasalahmatematika.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatif.InstrumenyangdigunakanterdiridariangketgayabelejaryangdiadaptasidaridariVAKLearningStylesSelf-AssessmentQuestionnairetespemecahanmasalahdanpedomanwawancara.Tesdanwawancaradilakukankepadasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetik.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwasiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialataukinestetikmemenuhiempattahapanyaknimensintesisidemembangunidemerencanakanpenerapandanmenerapkanide.Padatahapmensintesisidesaattelahmembacamasalahsiswayangmemilikigayabelajarvisualdankinestetiklangsungdapatmemahamidanmengidentifikasiinformasipadamasalah.Sedangkansiswayangmemilikigayabelajarauditorialharusmembacamasalahsecaraberulangkaliterlebihdahulu.Walaudemikiansiswayangmemilikigayabelajarvisualauditorialdankinestetikmampumenjelaskankembaliinformasiyangterdapatpadamasalah.Sertasubjekmengetahuipengetahuanrelevanyangdigunakanuntukmemecahkanmasalahyangdiberikan.Padatahapmembangunidesemuasubjekmembacakembalimasalahyangdiberikansetelahitumembuatilustrasigambarberdasarkaninformasiyangdidapatdarimasalah.Salahsatusiswadengangayabelajarvisualdanauditorialmengilustrasikangambardenganmenambahkaninformasibaruyangakandigunakandalammemecahkanmasalah.Informasitersebutdidapatsiswaberdasarkanpengetahuanyangdimilikisebelumnya.Sedangkansiswadengangayabelajarkinestetikhanyamemanfaatkaninformasiyangadadalammasalahsaatmengilustrasikangambar.Padatahapmerencanakanpenerapansemuasubjekdapatmenyusunstrategipemecahanmasalahberdasarkaninformasiyangdiberikanmasalahmaupuninformasitambahanyangdianggappenting.Danidepenyelesaianyangdipakaiialahrumusluaspersegipanjangdanluassegitiga.Padatahapmenerapkanidesemuasubjekmampumenerapkanstrategiyangdisusunsebelumnyahinggamenemukansolusiyangdiinginkanpadamasalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 07:28 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 07:28 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1054 |
Actions (login required)
View Item |